Koran Jakarta | May 26 2018
No Comments
Kiprah Anggota

Pimpinan DPR Luncurkan Buku Laporan Kinerja

Pimpinan DPR Luncurkan Buku Laporan Kinerja

Foto : Koran Jakarta/M Fachri
Bedah Buku - Dari kiri: Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP), Gede Narayana Sunarkha, dan Budayawan Ridwan Saidi menjadi pembicara dalam peluncuran Buku “Berpihak pada Rakyat”, di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senaya, Jakarta, Kamis (8/2).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fadli Zon meluncurkan buku berjudul Berpihak pada Rakyat. Buku ini merupakan catatan kinerja selama menjadi Wakil Ketua DPR yang ditulis sejak 1 Oktober 2014 hingga 30 September 2017. Turut hadir dalam peluncuran buku itu, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Budayawan Ridwan Saidi, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana Sunarkha dan seorang warga dari dapilnya.

“Buku laporan kinerja ini merupakan bentuk pertanggungjawaban pelaksana tugas pokok sebagai wakil rakyat baik kepada masyarakat umum maupun kepada konstituennya di Dapil V Bogor,” ujar Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (8/2). Dalam buku ini, Fadli juga merekam polemik isu-isu publik di mana Wakil Ketua Umum Partai Gerindra merespons melalui sejumlah pertemuan khususnya dengan masyarakat.

Buku ini juga menurut Fadli sebagai bagian dari semangat menuju parlemen modern. Keterbukaan informasi publik menjadi salah satu syarat tercapainya open parliamentary yang transparan, modern dan profesional. Semangat ini juga sejalan dengan partai Gerindra yang menjadi partai politik paling transparan menurut Komisi Informasi Publik (KIP).

“Itu menandakan Gerindra menjadi organisasi politik yang transparan, modern dan profesional. Itu sebabnya kami optimis, dengan terus menjaga konsistensi, Gerindra bisa menjadi partai pemenang Pemilu di tahun 2019” ungkap Fadli Zon. Dalam acara peluncuran buku itu, diisi juga dengan sesi diskusi dan bedah buku. Pembedah buku yaitu Gede Narayana Sunarkha sebagai Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, dan Budayawan sekaligus mantan anggota DPR RI, Ridwan Saidi.

Ridwan Saidi mengatakan, peluncuran buku Fadli Zon adalah buku pertama yang ada dalam sejarah DPR. “Kehadiran buku ini penting bagi mereka yang akan melakukan penelitian politik,” ucap Ridwan. Di samping itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo yang berkesempatan ada ditengahtengah acara memberi apresiasi yang tinggi pada Fadli Zon atas peluncuran bukunya.

“Hanya ada satu kata buat beliau, luar biasa,” puji pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut. Diperkuat dengan komentar Narayana yang mewakili KIP, “buku laporan kinerja ini perlu diikuti oleh anggota DPR lain agar publik bisa mengakses informasi dan kinerja DPR RI” ucap Fadli Zon. Ditambahkan Fadli, diterbitkannya buku ini diharapkan dapat menjadi rujukan masyarakat.

Menurutnya, melalui buku ini pula masyarakat dapat melihat lebih detail setiap aktivitas pimpinan DPR mulai dari waktu serta agenda setiap kegiatan. Ada tugas terkait legislasi, pengawasan dan anggaran. Selain itu representasi dan diplomasi. Di tengah perkembangan masyarakat yang semakin kritis, keterbukaan kinerja merupakan satu kebutuhan yang patut dipenuhi. Semenjak dilantik sebagai anggota DPR RI pada 1 Oktober 2014, Fadli Zon terpilih sebagai Wakil Ketua DPR RI yang mengkoordinasi komisi I,II,III, Badan Legislatif, dan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP). sur/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment