Pilihan Baru Low MPV Eropa | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments

Pilihan Baru Low MPV Eropa

Pilihan Baru Low MPV Eropa

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Low MPV (multipurpose vehicle/mobil keluarga multifungsi) asal Perancis secara resmi dipasarkan. Mobil ini menawarkan harga bersaing dengan fitur yang beragam.

Renault akhirnya mengumumkan harga resmi untuk produk Renault Triber. Pabrikan asal Perancis ini sekaligus secara resmi memasarkan mobil ini melalui jaringan diler yang telah berdiri.

“Kini Renault Triber sudah dapat dipesan di semua Showroom Renault yang tersedia dengan harga yang pasti,” ujar COO PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), Davy J Tuilan, di Jakarta.

Untuk menjangkau pasar yang luas, Triber memiliki 6 tipe dengan harga berbeda, mulai dari tipe RXE M/T IDR dengan harga 133 juta rupiah, RXL M/T harga 149 juta rupiah, RXT M/T harga 157 juta rupiah, RXZ M/T harga 164 juta rupiah, RXT A/T harga 164 juta rupiah, dan tiper tertinggi RXZ A/T dengan benderol 169,9 juta rupiah.

Dengan harga ini, Triber diharapkan dapat menjadi pesaing handal bagi mobil LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Datsun Go+, meski bukan tergolong sebagai mobil dalam program pemerintah itu.

Sebagai contoh, Toyota Calya untuk tipe E MT dibanderol pada harga 137,46 juta, G MT dengan harga 146,4 juta, dan G AT dengan harga 158,4 juta rupiah. Sementara harga Datsun Go+ dengan enam varian tiper dibanderol mulai 127,13 juta hingga 156,91 juta rupiah.

Sekali lagi, meski bukan mobil LCGC yang mendapat keringanan pajak, harga Triber tergolong bersaing. Apalagi produk ini diklaim “Indonesia Banget,” baik dari segi fitur yang ada dan juga harga.

“Bersaing di segmen yang sangat ketat, Renault percaya bahwa Renault Triber dapat diterima pasar Indonesia,” ujar Davy. Dia menambahkan, harga Renault Triber dipastikan merupakan harga terbaik, sesuai janji dan komitmen MRI sebelumnya. Ini agar seluruh pelanggannya di Indonesia dapat merasakan dan memiliki produk merek Eropa yang dilengkapi fitur terdepan, dengan harga terjangkau.

Mobil dengan tiga baris tempat duduk ini memiliki dimensi panjang 3.990 mm, lebar 1.739 mm, serta tinggi 1.643 mm. Jarak sumbunya mencapai 2.636 mm dengan ground clearance mobil setinggi 182 mm.

Dimensi Triber hampir sama dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang masing- masing memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbu rodanya 2.525 mm, dan setinggi 180 mm.

Triber memiliki bobot 947 kilogram yang lebih ringan dari Toyota Calya dengan berat 975 kg. Namun demikian mesin Calya dengan kubikasi 1.200 cc empat silinder mampu menghasilkan tenaga mencapai 86,7 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi 107,8 Nm pada 4.200rpm lebih kuat.

Karuan saja, Triber kurang kuat karena menggunakan mesin Renalut Kwid yang hanya menggunakan tiga silinder dengan kapasitas hanya 1,0 liter saja. Mesin ini hanya menghasilkan tenaga sebesar 72 tenaga kuda pada putaran mesin 6250 RPM dan torsi 96 Nm pada putaran 3500 RPM.

Dari sisi tampilan, Triber bahkan cenderung seperti SUV. Hal ini lantara pada atapnya terdapat dua roof rail. Seperti diketahui, komponen tersebut berguna untuk meletakkan roof box, jika pengguna membutuhkan bagasi tambahan, terutama saat semua kursi terisi penuh oleh penumpang.

Tampang Triber dari depan dan belakang cukup menawan. Pada bagian muka dibekali lampu utama projector dengan DRL LED. Grille depan berdesain triple edge berlapis krom, yang menghasilkan kesan gagah, sporty, elegan khas mobil Eropa.

Pada sisi belakang terdapat lampu berbentuk melebar hingga ke pintu dengan bentuk menyerupai paruh elang. Terdapat juga skid plate berwarna perak yang memperpanjang bemper menonjolkan kekokohan mobil ini. Di bawah logo Ranault terdapat tulisan Triber yang besar dengan balutan krom.

Interior Triber menggunakan dashboard berwarna hitam pekat. Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, kursi Triber bisa disetel dalam konfigurasi Triber 5 kursi, 6 kursi, serta 7 kursi. Kursi baris kedua bisa digeser, dilipat, direbahkan, bahkan dilipat ke depan. Kursi baris ketiga juga bisa dilepas.

Terdapat layar sentuh multimedia 8 inci yang terhubung dengan MediaNav Evolution. Perangkat ini dapat dihubungkan dengan aplikasi Android Auto, Apple CarPlay untuk berbagai aplikasi juga hiburan, atau memutar musik melalui USB.

Keamanan Triber dilengkapi ada empat kantung udara yang menutupi bagian depan dan samping dari baris pertama. Pada semua baris terdapat sabuk pengaman dengan fitur pretensioner. Meski tergolong mobil murah Renault membekali dengan kamera parkir di bodi belakang. hay/E-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment