Koran Jakarta | October 21 2019
No Comments
Film "Koboy Kampus"

Pidi Baiq Garap Film dari Pengalaman Kuliah

Pidi Baiq Garap Film dari Pengalaman Kuliah

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sebagai salah satu pendiri The Panas­dalam, Pidi Baiq ungkapkan dirinya sangat dekat dengan koboy kam­pus. Sebab, istilah koboy kampus di lingkungan Ins­titut Teknologi Bandung di era tahun 90-an, tak lepas dari lagu yang dibawakan The Panasdalam dengan judul yang sama.

Menariknya, saat itu The Panasdalam kemudian menjadi negara fiktif yang hampir seluruh warganya adalah mahasiswa koboy kampus. Hal tersebut merupakan bentuk protes unik dari mahasiswa kala itu terhadap pemerintahan. Koboy kampus merupakan sebutan bagi mahasiswa yang kerap menunda kelulusannya dan memilih lebih banyak bermain dari­pada mengikuti kegiatan perkuliahan.

“Kebanyakan maha­siswa yang menyandang koboy kampus adalah pen­duduk The Panas Dalam yang pada tahun 1995 didi­rikan sebagai negara," urai Pidi Baiq saat berbincang santai dengan wartawan beberapa waktu lalu.

Pidi Baiq menjelaskan, koboy kampus zaman dulu masa kadaluarsa kuliahnya ada yang sampai 14 tahun, minimal tujuh tahun. “Jadi mereka punya banyak wak­tu dan kesempatan untuk main-main di kampus se­lain kuliah," imbuh penulis cerita Dilan 1990 dan Dilan 1991 itu.

Tak seperti teman-te­mannya kebanyakan, meski tak lulus tepat waktu, namun Pidi Baiq akhir­nya bisa menyelesaikan studinya di Fakultas Seni Rupa ITB. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan­nya ke Amsterdam.

“Kayaknya saya me­nyelesaikan kuliah saya dengan tepat waktu. Mak­sudnya tepat sesuai dengan yang tidak saya harapkan. Kisah koboy kampus ada­lah kisah beberapa kawan saya yang di DO (drop out) karena lebih banyak ngoboy-nya daripada melaksanakan kuliah," kata Pidi Baiq. Kehidup­an tentang koboy kampus itu, dituangkan Pidi Baiq melalui kisah film Koboy Kampus. Dijadwalkan film tersebut ditayangkan di bioskop Tanah Air, mulai 25 Juli 2019. yzd/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment