Koran Jakarta | January 19 2019
No Comments

Petinggi Huawei Ditahan di Kanada

Petinggi Huawei Ditahan di Kanada

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK – Kepala keuangan Huawei, perusahaan teknologi raksasa asal Tiongkok, diwartakan CNN telah ditahan di Kanada atas permintaan dari Amerika Serikat (AS). Informasi ini disampaikan oleh Kementerian Kehakiman Kanada pada Kamis (6/12).

“Meng Wanzhou, alias Sabrina Meng atau Cathy Meng, ditahan di Vancouver pada 1 Desember lalu,” kata juru bicara Kementerian Kehakiman Kanada, Ian McLeod. “Meng telah diminta agar diekstradisi ke AS,” imbuh McLeod.

Meng Wanzhou adalah anak dari pendiri Huawei, Ren Zhengfei. Di Huawei, Meng selain jadi kepala keuangan, juga merangkap jabatan sebagai wakil ketua dewan di perusahaan elektronik raksasa itu.

Hingga saat ini belum diungkapkan atas dasar apa Meng ditahan oleh otoritas di Kanada. Namun harian Wall Street Journal edisi April lalu menulis bahwa Kementerian Kehakiman AS sedang menyelidiki apakan Huawei telah melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Mendengar penahan atas warga negaranya, Tiongkok telah mengajukan pembebasan Meng dan meminta AS dan Kanada memberikan jawaban atas penahanan petinggi Huawei itu.  CNN/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment