Koran Jakarta | September 23 2018
No Comments
Jelang Piala Dunia 2018

Peserta Piala Dunia Sesumbar Bikin Kejutan

Peserta Piala Dunia Sesumbar Bikin Kejutan

Foto : AFP/Jewel SAMAD
Maskot Piala Dunia - Seorang wanita difoto di samping maskot Piala Dunia 2018 Zabivaka, dengan latar belakang stadion Fisht Olympic, di Sochi, Russia, Selasa (12/6).
A   A   A   Pengaturan Font

Moskow - Sejumlah pemain bintang dan tim favorit telah berada di Russia, sementara tim underdog, Australia, memperingatkan finalis Piala Eropa 2016, Prancis, untuk siap-siap menghadapi kejutan awal.


Jelang laga pembuka Jumat (15/6) dini hari WIB antara tuan rumah Russia kontra Arab Saudi, bintang Argentina, Lionel Messi, dan rekan-rekannya, skuad bertabur bakat Prancis termasuk Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe siap memulai langkah mereka.


Juara dunia Jerman, yang berusaha menyamai rekor Brasil merebut lima kemenangan Piala Dunia, mendarat di Russia pada Selasa, bersama dengan tim muda Inggris yang dilatih Gareth Southgate.


Brasil dan Neymar telah berada di resor Laut Hitam Sochi setelah mengalahkan Austria 3-0 dalam pertandingan pemanasan terakhir mereka pada Minggu.

Neymar, yang mengalami patah tulang di kakinya pada Februari, menandai laga pertamanya setelah lebih dari tiga bulan, dengan mencetak gol dalam kemenangan mudah hari Minggu lalu di Wina.


Russia adalah pilihan yang diperdebatkan ketika negara itu ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia dalam pemungutan suara pada 2010 lalu.

Pemilihan itu diduga telah dinodai oleh tuduhan penyuapan. Piala Dunia 2018 juga berlangsung dengan latar belakang ketegangan internasional.


Russia dan Barat telah terlibat dalam konflik politik menyusul pengusiran diplomatik sejak London menuduh Moskow berada di balik pembunuhan Sergei Skripal dengan racun di Inggris pada Maret lalu.


Tetapi ketika waktu terus berjalan, jelang laga pembuka di stadion Luzhniki yang berkapasitas 80.000 penonton di Moskow, atmosfer mulai terasa, dengan sekitar 3.500 penggemar menghadiri sesi latihan Australia di pusat Kota Kazan. Pendukung Russia yang menikmati liburan, berteriak, “Aussie, Aussie, Aussie, go, go, go”.


Penjaga gawang “Socceroos”, Mat Ryan, memperingatkan Prancis bahwa tim Australia baru dan sedang berkembang merencanakan kejutan awal Piala Dunia, ketika kedua belah pihak bertemu di Kazan pada hari Sabtu.


“Kami siap menghadapi Prancis. Kami akan merebut peluang memenangkan pertandingan ini,” ujar kiper yang bermain untuk klub Liga Inggris, Brighton, memperingatkan. “Kami sudah tak sabar menunggu hari Sabtu,” sambungnya.


Atmosfer juga terasa di Lapangan Merah Moskow, lusinan penggemar Argentina, Kolombia, dan Meksiko bernyanyi dan bermain drum untuk mendukung tim mereka.


Kapten Argentina, Messi, mengatakan masa depannya di tim nasional akan ditentukan oleh kinerja negaranya di Piala Dunia. “Itu akan tergantung pada seberapa jauh kami melangkah dan bagaimana kami menyelesaikannya,” ujar Messi kepada harian Spanyol Sport.


“Kami baru saja kalah tiga kali berturut-turut, yang telah membuat kami melalui beberapa momen sulit dengan media,” sambung pemain depan Barcelona itu.
Argentina kalah 0-1 dari Jerman pada final Piala Dunia 2014 lewat perpanjangan waktu. ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment