Koran Jakarta | June 20 2019
No Comments

Pertamina Tingkatkan Ketahanan Stok BBM

Pertamina Tingkatkan Ketahanan Stok BBM

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai mengembangkan sistem baru guna memangkas angka Berthing Occupancy Ratio (BOR) atau tingkat pemakaian dermaga melalui modifikasi jalur dari tangki timbun BBM di Kilang menuju kapal.

General Manager Pertamina RU II Dumai, Nandang Kurnaedi menyatakan langkah itu guna mengoptimalkan upaya Pertamina dalam mewujudkan efisiensi dan efektifitas di berbagai lini usaha. Sebagai kilang yang memasok hingga 20 persen kebutuhan energi nasional, inovasi sekecil apapun dapat berdampak besar bagi bisnis Pertamina.

“Loading BBM jenis solar menuju kapal dengan sistem yang dikembangkan oleh RU II Dumai dapat berjalan lancar. Jika sebelumnya loading rate berada di angka 1200 kilo liter per jam kini dapat mencapai angka 2010 KL/jam. Penghematan waktu bisa kami genjot hingga 60 persen,” ungkap Nandang melalui keterangannya di Jakarta, Senin (11/2)

Lebih lanjut, Nandang menjelaskan loading rate atau dapat diterjemahkan sebagai kecepatan pompa dalam memompa BBM dari tangki yang berada di darat menuju kapal dapat ditingkatkan melalui modifikasi jalur existing serta penambahan jalur baru eks produk kerosene.  ers/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment