Koran Jakarta | August 20 2019
No Comments

Persaingan Kian Panas

Persaingan Kian Panas

Foto : AFP/PAUL ELLIS
A   A   A   Pengaturan Font

Liverpool kembali ke puncak untuk sementara mengungguli City yang memiliki kelebihan satu pertandingan di tangan.

LIVERPOOL – Jurgen Klopp memuji penampilan Mohamed Salah dengan menyebutnya fan­tastis. Pelatih asal Jerman itu menyebut performa Salah se­bagai kunci impian gelar bagi Liverpool. “The Reds” kem­bali ke puncak Liga Inggris lewat gol pemain bintang Mesir yang menakjubkan dalam kemenangan 2-0 atas Chelsea, Senin (15/4) dini hari WIB.

Tim asuhan Klopp menyerah­kan posisi terdepan beberapa jam sebelum bertanding ketika Man­chester City menang 3-1 di Crystal Palace. Kemenangan City menum­puk tekanan pada “The Reds” un­tuk merespons ketika perburuan gelar semakin memanas.

Namun Liverpool berhasil mengatasi tantangan. Sadio Mane mencetak gol pembuka lima menit setelah jeda. Tendangan jarak jauh Salah dua menit kemu­dian membuat Liverpool unggul dua poin dari City yang berada di posisi kedua dan menyimpan satu pertandingan.

“Itu adalah gol fantastis dari Mo. Saya memiliki pandangan terbaik,” ujar Klopp setelah gol pertama Salah dari luar kotak penalti di Liga Inggris sejak Januari 2018.

Sungguh luar biasa, sungguh luar biasa dan seluruh gerakan di sekitarn­ya. Wow, brilian. Saya sangat bangga dengan tim, itu adalah penampilan yang fantastis. Saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari ini,” sambungnya.

City memiliki lima pertandin­gan tersisa sementara Liverpool hanya memiliki empat. Situasi itu membuat juara bertahan memi­liki peluang lebih besar. Tapi ada perasaan yang berkembang di Anfield bahwa ini akan menjadi musim Liverpool akhirnya men­gakhiri penantian 29 tahun mere­but mahkota sepakbola Inggris.

Dengan City memiliki pertandingan liga yang sulit melawan Tottenham dan Man­chester United, tim asuhan Klopp yakin mereka bakal terus mempertahankan posisi terde­pan.

“The Reds” akan berhadapan dengan Cardiff, Huddersfield dan Newcastle ada di jadwal sebelum berpotensi menggelar pesta juara saat melawan Wolves di Anfield.

“Pertanyaan pertama dalam pertemuan hari ini adalah ‘be­rapa skor City?’. Kami tidak bisa menghindari mengetahuinya,” ujar Klopp tentang pertarungan memperebutkan gelar.

“Kami berharap mereka me­menangkan semua pertandingan mereka sehingga kami hanya per­lu mendapatkan poin sebanyak mungkin. Jika kami juara maka itu akan hebat, tetapi jika tidak, kami masih tim sepakbola yang sangat bagus,” sambungnya.

Untuk Chelsea yang berada di posisi keempat, kekalahan itu merupakan pukulan terha­dap upaya mereka berkompetisi di Liga Champions. “The Blues” akan turun ke urutan kelima jika Arsenal menang di Watford pada Selasa dini hari WIB.

Mengklaim bahwa gol perta­ma Liverpool seharusnya dianu­lir karena pelanggaran terhadap Emerson, pelatih Chelsea Maur­izio Sarri menggerutu: “Menurut saya ada yang salah. Saya pikir level di Liga Premier adalah yang terbaik di dunia, tetapi tidak un­tuk wasit.”

“Kami bertahan di pertandin­gan selama 50 menit. Tentu saja tidak mudah, tetapi kami harus berjuang sampai akhir (untuk empat besar),” sambungnya.

Peringatan Hillsborough

Menjelang peringatan 30 ta­hun bencana Hillsborough yang menewaskan 96 penggemar Liv­erpool dan dalam pekan ini legen­da klub Tommy Smith meninggal, ada lebih banyak emosi di Anfield daripada biasanya.

Mengheningkan cipta satu menit berlangsung dan menampilkan mosaik bertuliskan “30 tahun” dan “96” yang dipa­jang oleh penggemar di tribun. Di lapangan Liverpool fokus mem­balas kekalahan yang berbuah kenyataan pahit bagi upaya mere­ka merebut gelar pada 2015 silam.

Kesalahan Steven Gerrard yang terkenal pada tahun 2014 menye­babkan kekalahan melawan Chel­sea. Kekalahan itu secara efektif menghadiahkan gelar kepada Manchester City saat Liverpool telah melihat peluang untuk men­gangkat trofi. ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment