Persaingan Empat Besar Memanas | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 7 2020
No Comments

Persaingan Empat Besar Memanas

Persaingan Empat Besar Memanas

Foto : AFP
A   A   A   Pengaturan Font

Arsenal dan Everton jauh di belakang dalam persaingan. Tapi dengan kemungkinan City kena sanksi larangan Liga Champions, finis kelima bisa cukup untuk mencapai kompetisi klub elit Eropa.

LONDON – Semua mata akan tertuju ke Stamford Bridge dan Stadion Emirates pada laga Liga Inggris akhir pekan ini. Hal itu karena pertempuran untuk lolos ke Liga Champions musim depan kian memanas.

Sementara, pemimpin klasemen Liverpool dapat mengambil langkah lain menuju gelar Liga Inggris. Setelah istirahat musim dingin pertama Liga Inggris selesai, akhir pekan ini, klub-klub yang berjuang untuk tempat Liga Champions akan memiliki kekuatan penuh. Derby London antara Chelsea kontra Tottenham adalah kesempatan bagi kedua klub.

Dan ada bumbu tambahan untuk pertemuan antara dua rival itu saat mereka bersaing langsung untuk mendapatkan tempat di kompetisi Eropa. Chelsea yang berada di posisi keempat hanya unggul satu poin dari Tottenham yang berada di posisi kelima. Kemenangan bagi tim asuhan Jose Mourinho akan membawa Spurs berada di atas bekas klubnya.

Chelsea mengalami kekalahan 0-2 di kandang sendiri melawan Manchester United pada awal pekan ini. Di sisi lain, Tottenham juga terpuruk, dikalahkan 1-0 oleh Leipzig pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions pada hari Rabu.

Terhambat oleh kegagalan mereka yang terus-menerus, kemenangan akan menjadi sesuatu yang sangat berharga. Chelsea hanya memenangkan satu dari enam pertandingan liga dan itu tidak satu pun dari empat pertandingan terakhir. Hasil mengarah ke laporan bahwa pelatih Chelsea Frank Lampard mungkin menemukan posisinya dalam tekanan jika “The Blues” tidak memenuhi syarat untuk Liga Champions.

Keputusan Lampard untuk meminggirkan Kepa Arrizabalaga dalam tiga pertandingan terakhir dikatakan telah membuat frustrasi pemilik klub Chelsea. “The Blues” menjadikan penjaga gawang asal Spanyol itu sebagai kiper termahal dunia kurang dari dua tahun lalu. Ini adalah jenis masalah yang rumit dan berpotensi merusak.

Itu juga ditambah fakta bahwa Mourinho memiliki banyak pengalaman dan pemahaman tentang “The Blues” selama dua masa jabatannya sebagai pelatih Chelsea. Ada rasa hormat antara Mourinho dan Lampard dilatari sukses mereka bersama di Chelsea. Tapi itu harus sedikit disingkirkan akhir pekan ini mengingat apa yang dipertaruhkan oleh kedua pelatih tersebut.

Tottenham memenangkan tiga pertandingan liga terakhir untuk memangkas keunggulan Chelsea. Tapi cedera pada Harry Kane dan Son Heung-min telah membuat Mourinho tanpa striker senior.

Ambil Alih Lucas Moura, Steven Bergwijn dan Dele Alli adalah opsi alternatif Mourinho. Meski demikian bek Spurs asal Belgia Toby Alderweireld yakin Tottenham dapat mengatasinya.

“Orang-orang harus bertanggung jawab tentang itu,” ujarnya. “Saya pikir kami harus menyelesaikan ini sebagai sebuah tim,” sambungnya. “Kami memiliki orang-orang dengan kualitas yang berbeda di lini serang sekarang.

Kami harus menjaga keyakinan bahwa orang akan melangkah untuk membuat gol,” tandasnya. Arsenal dan Everton, yang bertemu di London utara, berada pada posisi lebih jauh di belakang dalam persaingan.

Tapi dengan kemungkinan Manchester City kena sanksi larangan Liga Champions dua tahun berarti finis kelima bisa cukup untuk mencapai kompetisi klub elit Eropa. Everton duduk empat poin di belakang Tottenham setelah lima pertandingan tak terkalahkan.

Mereka tampil impresif dalam kemenangan beruntun atas Watford dan Crystal Palace. Carlo Ancelotti telah mendalangi kebangkitan Everton sejak mengambil alih tim dari Marco Silva yang dipecat. Meski demikian tim asuhan Ancelotti belum mendapatkan bukti dengan merebut kemenangan atas salah satu klub liga yang lebih besar. ben/AFP/S-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment