Pergerakan Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Makin Meningkat | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 20 2020
1 Comment
Pengoperasian “Runway” 3

Pergerakan Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Makin Meningkat

Pergerakan Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Makin Meningkat

Foto : ANTARA/PUSPA PERWITASARI
BERBINCANG DENGAN MENHUB I Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua dari kiri), Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin disela peresmian landasan pacu tiga Bandara Soetta, di Tangerang, Banten, Kamis (23/1).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Keberadaan runway 3 Bandara Soekarno- Hatta, Tangerang, Banten, yang berukuran 3.000 x 60 meter, mampu membuat pergerakan pesawat di Bandara Soetta se­makin meningkat, baik lepas landas (take off) maupun pendaratan (landing).

“Semula 81 pergerakan pe­sawat per jam, kini bisa men­jadi 114 pergerakan pesawat per jam baik lepas landas mau­pun pendaratan,” tegas Men­teri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan landasan pacu alias runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1).

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meresmikan east connection taxiway yang menghubungkan runway selatan dan runway utara serta Gedung VIP Bandara Soetta.

Hadir dalam peresmian itu, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimul­jono, Seskab Pramono Anung, Menteri ATR Sofyan Djalil, Bupa­ti Tangerang Ahmed Zaki Iskan­dar, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Selain itu, kata Budi, dengan kehadiran runway 3 itu, pesa­wat tak perlu lagi berlama-la­ma di udara (airborne holding) untuk mengantre pendaratan. Pergerakan pesawat dari run­way selatan menuju runway utara yang semula membutuh­kan waktu 30 menit sekarang hanya 7 menit. “Runway 3 ini dibangun dengan tujuan untuk memperlancar dan mening­katkan kapasitas penerbangan dan mendukung keselamatan penerbangan,” kata Budi.

Lebih Baik

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan setelah Terminal 3 selesai, runway 3 juga selesai, kemudian east connection taxi way selesai, di­tambah fasilitas VIP bandara juga selesai, diharapkan semua layanan menjadi lebih baik.

“Dengan mengucap Bismil­lah, dengan memohon ridho dan rahmat Allah SWT. Pada sore hari ini saya resmikan run­way 3, east connection taxiway, terminal dan Gedung VIP Ban­dara Internasional Soekarno Hatta, terima kasih,” kata Jokowi.

Bandara Soekarno-Hatta memiliki tiga landas pacu (runway) yaitu runway 1 yang terletak di Selatan serta runway 2 dan run­way 3 di Utara. PT Angkasa Pura II (Persero) telah mengoperasi­kan penuh runway 3 Bandara Soetta sejak 20 Desember 2019.

Dimensi runway baru itu mencapai 3.000 x 60 meter dari sebelumnya saat diuji coba se­jak Agustus 2019 dengan dimen­si 2.500 x 45 meter. Landasan pacu ke-3 Bandara Soetta ini dibangun untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang sudah sangat tinggi di Ban­dara tersebut. fdl/mza/P-4

Klik untuk print artikel

View Comments

jessi
Sabtu 25/1/2020 | 19:25
Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys...

Submit a Comment