Koran Jakarta | November 21 2017
No Comments
Gempa Aceh

Percepat Bantuan untuk Rumah Rusak

Percepat Bantuan untuk Rumah Rusak

Foto : ANTARA/Rahmad
A   A   A   Pengaturan Font

PIDIE JAYA. - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mempercepat pencairan bantuan agar bisa segera digunakan untuk membangun kembali rumahnya yang rusak diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR), Rabu (7/12) pekan lalu.

“Saya perintahkan untuk segera bisa diberikan bantuan keuangannya agar segera bisa dibangun kembali rumah itu sehingga kegiatan di masyarakat juga bisa jalan kembali,” kata Presiden Jokowi saat mengunjungi lokasi kedua terdampak gempa di Perumahan Warga di Gampong Kuta Pangwa, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Kamis (15/12) siang.

Kendati ada perintah untuk segera mencairkan dana bantuan itu, Presiden tetap berharap adanya proses verifikasi untuk menentukan besarnya bantuan yang akan diberikan sesuai dengan tingkat kerusakan bangunan.

“Terutama yang untuk rusak berat sudah diverifikasi, nanti diikuti dengan yang rusak sedang dan ringan dengan verifikasi. Ini kan juga perlu waktu,” ujar Presiden.

Selain bantuan keuangan untuk pembangunan kembali rumah yang rusak, Presiden Jokowi juga memastikan bantuan dalam waktu dekat berupa logistik dan bahan pangan harus segera tersalurkan.

“Semuanya harus segera tersalurkan. Saya ingin hanya ngecek itu saja ke sini, dan juga yang dikerjakan oleh PU (Kementerian PUPR) sudah dimulai belum, sudah dibersihkan belum, itu akan saya cek terus,” tegas Presiden.

Bantuan Tabungan

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyinggung rencana pemerintah untuk memberikan bantuan keuangan dalam bentuk tabungan yang bisa dimanfaatkan warga untuk menggerakkan ekonomi masyarakat pasca proses rekonstruksi akibat gempa. “Tabungannya itu masih di block, kalau sudah berkegiatan baru bisa diambil dicairkan di bank,” jelas Presiden. fdl/Ant/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment