Koran Jakarta | June 26 2019
No Comments

Perawatan Ekstra Interior Motif Kayu

Perawatan Ekstra Interior Motif Kayu

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Menjaga keindahan lantai kayu, hal yang Anda butuhkan adalah perawatan yang benar. Ingin tahu bagaimana cara praktis merawat lantai kayu di rumah Anda. Desain interior Arie memberi tips merawat lantai kayu.

Pertama, menurut Ari, perawatan secara umum. Semua jenis lantai kayu harus dibersihkan dengan teratur untuk menghilangkan kotoran dan pasir yang mungkin saja terselip disela-sela lantai kayu.

Jangan menggunakan lap yang sangat basah ketika membersihkan lantia kayu karena nantinya dikhawatirkan akan membuat warna lantai kayu menjadi pudar.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan sapu atau penyedot debu agar semua kotoran yang menempel pada permukaan lantai hilang dari pandangan.

Untuk membuat lantai kayu tetap mengkilat, Anda dapat menggunakan kain yang sedikit basah dan mulailah mengusap permukaan lantai dari tengah hingga pinggir.

Selain itu, jangan biarkan ada noda lengket menempel pada permukaan lantai karena hal ini akan membuat permukaan lantai terlihat kurang sempurna karena nantinya mungkin akan terdapat goresan ketika Anda mencoba untuk menghilangkan noda yang menempel tersebut.

Untuk langkah pencegahan agar lantai kayu tetap awet dan mengilat. Hindari juga berjalan diatas permukaan lantai kayu dengan memakan sepatu olah raga yang keras.

Lalu hindari pemakaian sepatu berhak tinggi karena dikhawatirkan permukaan lantai akan tergores atau bahkan penyok. Untuk itu, ketika berjalan pada permukaan lantai kayu, usahakan untuk menggunakan sepatu rata yang akan meminimalisir kerusakan.

Dianjurkan untuk pencegahan yang lebih ekstra, pasanglah keset di depan pintu masuk yang akan meminimalisir masuknya kotoran ke dalam rumah.

Jangan memilih keset berbahan karet hitam yang nantinya data mengotori dan membekas pada permukaan lantai kayu. Pilihlah keset khusus yang mampu menyerap air dan menahan kotoran.

Kedua, harus mengetahui jenis finishing pada permukaan lantai dirumah. Mengetahui tipe finishing yang diterapkan pada permukaan lantai kayu rumah Anda tentunya sangat penting untuk dilakukan.

Karena tipe finishing permukaan lantai kayu yang berbeda tentunya juga membutuhkan perawatan yang berbeda. Jika Anda ragu dengan tupe finishing lantai kayu pada rumah Anda, jangan ragu untuk bertanya pada tukang yang dulunya memasang lantai agar Anda yakin untuk memilih cara perawatan lantai yang tepat nantinya.

Ada tiga jenis finishing permukaan lantai yang umumnya ditemui di tiap-tiap rumah. Yang pertama adalah finishing pada permukaan yang biasanya disebut dengan urethanes atau polyurethanes dan umumnya finishing ini paling sering ditemukan di berbagai gaya rumah. Finishing jenis ini menghasilkan lapisan perlindungan pada permukaan dan biasanya tahan terhadap air.

Finishing jenis ini sangat awet dan hanya membutuhkan perawatan yang sederhana.

Cara membersihkan finishing lantai jenis ini adalah dengan menggunakan pembersih khusus untuk lantai kayu. Jangan pernah memilih bahan pembersih yang mengandung parafin dan petroleum karena akan menyebabkan kerusakan pada permukaan lantai.

Jenis finishing yang kedua adalah finishing parafin yang biasanya terlihat sangat mengkilat seperti di lapisi lilin.

Untuk membersihkan permukaan lantai kayu jenis ini, dibutuhkan pembersih lantai khusus untuk lantai kayu.

Agar warnanya tetap terlihat mengkilat, Anda dapat melapisi ulang dengan lapisan parafin baru untuk tampilan yang lebih terlihat segar. Jenis finishing pada permukaan lantai yang terakhir adalah finishing acrylic yang digunakan pada permukaan lantai kayu agar lebih keras dan lebih awet.

Lantai jenis ini biasanya ditemui di tempat umum seperi mall, restaurant dan area umum lainnya. Cara membersihkan permukaan kayu jenis ini adalah dengan menyemprot cairan khusus yang kemudian di pel secara menyeluruh.

Ketiga, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan lantai kayu secara teliti.

Walau terdengar sangat melelahkan, pemeriksaan lantai kayu secara teliti sangat dibutuhkan untuk memperlama usia lantai kayu di rumah Anda.

Hal yang harus diperhatikan saat memeriksa permukaan lantai kayu adalah apakah ada goresan di permukaan atau tidak. Apakah ada kotoran uang menempel atau tidak.

Dan yang terpenting adalah apakah warna permukaan lantai sudah memudar. Jika semua nya masih normal, yang harus Anda lakukan adalah perawatan secara intensif mulai dari menyedot debu setiap beberapa hari sekali, membersihkan permukaan dengan pel, dan memberikan pelapisan ulang jika warna kayu sudah mulai kusam. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment