Koran Jakarta | November 19 2019
No Comments

Penuh Drama, Marquez Menangi GP Catalunya

Penuh Drama, Marquez Menangi GP Catalunya
A   A   A   Pengaturan Font

Kemenangan pada balapan penuh drama di Catalunya semakin mengukuhkan Marc Marquez di puncak klasemen.

CATALUNYA - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memetik keuntungan atas insiden kecelakaan beruntun di awal balapan untuk memenangi MotoGP Catalunya 2019, Minggu (16/6). Kemenangan ini semakin mengukuhkan Marquez di puncak klasemen pembalap dengan keunggulan 37 poin atas pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso.

Drama langsung terjadi di awal balapan. Dovizioso, pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Lorenzo memulai balapan dengan sangat luar biasa. Dovizioso yang start dari posisi lima berhasil memimpin balapan di tikungan pertama, Vinales naik dari posisi enam ketiga, dan Lorenzo sendiri berada di posisi lima setelah start dari posisi 10.

Sayanganya, drama langsung terjadi di lap kedua. Lorenzo membuat tiga pesaing Marquez, Dovizioso, Vinales, dan Valentino Rossi mengalami kecelakaan di tikungan sepuluh. Lorenzo kehilangan kendali di tikungan 10 dan menabrak Dovizioso dan Vinales. Rossi kemudian juga terjatuh setelah tidak mampu menghindari sepeda motor Lorenzo. Akibatnya, Dovizioso, Vinales, Rossi, dan Lorenzo gagal melanjutkan balapan.

Kecelakaan tersebut membuat Marquez berada dalam posisi yang paling diuntungkan. Pasalnya, juara bertahan MotoGP itu langsung memimpin jalannya balapan. Marquez terus menjauh dari kejaran para pesaingnya.

Persaingan sengit hanya terjadi pada perebutan posisi kedua yang melibatkan pembalap Ducati, Danilo Petrucci, Alex Rins dari Suzuki Ecstar, dan pembalap Yamaha Petronas, Fabio Quartararo. Petrucci dan Rins beberapa kali saling menyalip untuk memperebutkan posisi kedua. Persaingan antara Petrucci dan Rins membuat Marquez dengan memimpin balapan tanpa tekanan. Balapan memasuki lap sepuluh, Marquez sudah unggul 3,8 detik.

Rins kemudian melakukan kesalahan di tikungan pertama lap ke-18. Pebalap asal Spanyol itu kehilangan kendali di tikungan pertama dan harus turun ke posisi tujuh. Dua tikungan berikutnya Quartararo berhasil menyalip Petrucci untuk mengambil alih posisi kedua.

Marquez kemudian melewati garis finis dengan kemenangan atas Quartararo dan Petrucci dengan catatan waktu 40 menit 31,175 detik. Adapun Rins harus puas finis di posisi keempat, diikuti Jack Miller dan Joan Mir.

Minta Maaf

Seusai balapan, Lorenzo langsung meminta maaf atas insiden yang terjadi di awal balapan tersebut. “Beruntung kecelakaan ini tidak menimbulkan cedera fisik, tapi saya minta maaf kepada ketiga pebalap, Rossi, Dovizioso, dan Vinales yang terkena imbas. Tikungan sepuluh selalu memberi masalah karena sangat sempit,” ujar Lorenzo dikutip dari AS.

“Saya merasa bersalah, tapi saya sudah tidak mengubah situasi. Saya berusaha menyalip tiga pebalap di depan dan melakukan kesalahan,” sambung juara dunia MotoGP tiga kali tersebut.

Dengan hasil ini, Marquez memperlebar jarak di puncak klasemen dengan koleksi 140 poin hingga balapan seri ketujuh musim ini. Dovizioso masih bercokol di peringkat dua klasemen dengan 103 poin atau tertinggal 37 poin. Dia ditempel ketat oleh Rins dengan selisi dua poin.

Petrucci, juara seri sebelumnya di Mugello, menambah koleksi poinnya di peringkat empat dengan total 98 poin. Ant/S-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment