Penguasaan Teknologi Harus Dibarengi dengan Disiplin | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 19 2020
No Comments
Hari Pramuka Ke-59

Penguasaan Teknologi Harus Dibarengi dengan Disiplin

Penguasaan Teknologi Harus Dibarengi dengan Disiplin

Foto : BPMI SETPRES/RUSMAN
DISIPLIN DAN PEDULI I Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan pada Peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 secara konferensi video di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8). Peringatan Hari Pramuka ke-59 itu bertema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Menanggulangi Bencana Covid-19 dan Bela Negara”. Presiden mengingatkan jiwa disiplin dan peduli sangat dibutuhkan untuk mempercepat penanganan pandemi.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengingatkan para anggota Pramuka agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Pengalaman selama pandemi Covid-19 ini selain mengingatkan pentingnya kedisiplinan dan kepedulian, juga mengingatkan penting­nya penguasaan ilmu penge­tahuan dan teknologi,” kata Kepala Negara dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke-59 lewat konferensi video dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/8).

Ilmu pengetahuan dan teknologi, kata Jokowi, saat ini sangat dibutuhkan di semua sektor, mulai dari kesehatan hingga ekonomi. Namun, akan lebih baik lagi jika pen­getahuan itu dilengkapi den­gan sikap disiplin dan peduli yang selama ini menjadi kara­kteristik gerakan Pramuka.

“Karena itulah, giatlah belajar, kuasai ilmu pengeta­huan dan teknologi setinggi-tingginya. Jadilah SDM Indo­nesia yang hebat yang cepat tanggap dan cerdas. Rawat­lah kebinekaan, pertahankan NKRI, dan jadilah penjaga Pancasila yang sejati,” ucap Jokowi.

Semakin Berat

Ia mengingatkan, tantan­gan di depan semakin berat. Perkembangan dunia cepat berubah dan penuh dengan ketidakpastian. Ketangguhan para peserta Pramuka harus dibuktikan dengan mengejar ilmu pengetahuan

Oleh karena itu, ia berpe­san agar para Pramuka men­jadi generasi masa depan bangsa yang membangun Indonesia. “Indonesia maju yang kita cita-citakan ber­sama. Buatlah Indonesia se­lalu bangga pada Praja Muda Karana, jayalah Pramuka, jay­alah Indonesia. Salam Pramu­ka,” kata Jokowi.

Pada kesempatan itu, Pres­iden juga mengajak gerakan Pramuka turut berkontri­busi dalam penanganan pan­demi Covid-19 di Tanah Air. Jokowi meminta para anggota Pramuka di seluruh Indonesia bisa membuat dua gerakan nasional.

“Pertama, gerakan kedis­iplinan nasional yang menga­jak semua anggota masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan,” kata Presiden.

Kedua, yakni gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat un­tuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagai. Dua gerakan itu bukan hanya membantu penanganan ma­salah nasional akibat pande­mi, tetapi juga sekaligus untuk semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan para anggota Pramuka. n fdl/P-4

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment