Penggabungan PTS Perlu Pemetaan yang Jelas | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 21 2020
No Comments
VARIA

Penggabungan PTS Perlu Pemetaan yang Jelas

Penggabungan PTS Perlu Pemetaan yang Jelas

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Langkah merger atau penggabungan pergu­ruan tinggi swasta (PTS) membutuhkan pemetaan yang jelas supaya lebih efektif. Pemetaan itu berupa informasi lengkap, di antaranya mengenai badan hukum, wilayah, program studi (termasuk yang menjadi unggulan) dan juga jumlah mahasiswa.

“Menggabungkan ribuan PTS dengan badan hukum, ke­unggulan, dan wilayah yang berbeda tentu tidak mudah. Pe­metaan hendaknya bisa dijadikan acuan supaya target mer­ger PTS bisa terpenuhi,” kata Peneliti Center for Indonesian Policy Studies, Pandu Baghaskoro, di Jakarta, Rabu (24/10).

Ia menegaskan, merger PTS diharapkan mampu mening­katkan kualitas PTS yang ada di Indonesia. Misalnya, kam­pus biasanya memiliki program studi yang diunggulkan, sehingga dengan adanya penggabungan PTS bisa memak­simalkan keunggulan tersebut dan menambah keunggulan di program studi lainnya. “Dengan begini kualitas PTS juga meningkat pelan-pelan,” jelas Pandu.

Pandu menjelaskan, meningkatkan kualitas PTS juga da­pat dilakukan dengan merumuskan sistem pendaftaran dan seleksi masuk yang berstandar nasional untuk PTS yang ada. Dengan adanya sistem pendaftaran dan seleksi ma­suk yang berstandar nasional, diharapkan mutu mahasiswa juga akan meningkat. Selain itu, merger PTS juga baik untuk efisiensi biaya operasional. eko/E-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment