Koran Jakarta | August 20 2019
No Comments
Juventus vs Ajax

Pengalaman Versus Kekuatan

Pengalaman Versus Kekuatan

Foto : AFP/JOHN THYS
A   A   A   Pengaturan Font

TURIN – Cristiano Ronaldo akan menjadi ujung tombak Juventus saat klub berjuluk “Si Nyonya Tua” itu berupaya menyelesaikan peker­jaan mereka pada Rabu (17/4) dini hari WIB. Juventus akan ber­hadapan dengan skuad muda Ajax yang tampil mengesankan dalam pertandingan leg pertama perem­pat final pekan lalu. Kedua tim akan berupaya mengakhiri tahun-tahun yang mengecewakan mereka di Liga Champions.

Juventus unggul melalui gol tan­dang lewat gol Liga Champions ke- 125 Ronaldo dalam hasil imbang 1-1 di Amsterdam. Tapi pemain Ajax , David Neres memastikan timnya akan memulai laga di Turin dengan peluang yang hampir sama. Pertandingan kali ini akan menjadi pengulangan final 1973 dan 1996.

Juventus telah menempat­kan upaya mereka untuk mem­bungkus gelar Serie A kedelapan berturut-turut di urutan kedua saat mereka fokus pada ambisi di kom­petisi Eropa. Massimiliano Allegri menurunkan skuad muda melawan SPAL pada hari Sabtu dan juara ber­tahan itu kalah 1-2 ketika satu poin sudah cukup untuk memastikan Scudetto.

“Jika kami memasukkan semua starter kami, akan lebih mudah un­tuk memenangkannya, tetapi ada tujuan lain yang harus kami pasti­kan pada hari Selasa,” sambungnya.

Juventus telah memenang­kan Liga Champions dua kali, terakhir pada tahun 1996 ketika mereka mengalahkan Ajax di fi­nal. Pemenang empat kali Ajax memenangkan gelar ketiga ber­turut-turut pada tahun 1973 den­gan mengalahkan Juventus. Tera­khir mereka mengangkat trofi pada tahun 1995.

Allegri mengatakan dia siap un­tuk pertandingan yang sulit mela­wan tim yang sangat mengesankan. Ronaldo diistirahatkan pada akhir pekan bersama dengan Leonardo Bonucci, Blaise Matuidi, Alex San­dro, Mario Mandzukic dan Miralem Pjanic.

Performa bagus pemain muda Moise Kean berlanjut dengan pe­main berusia 19 tahun itu mence­tak gol keenamnya dalam laga kon­tra SPAL. Kapten Giorgio Chiellini tetap diragukan karena bek berusia 34 tahun itu belum pulih dari cede­ra betis, Daniele Rugani kemungk­inan akan menjadi penggantinya.

Kondisi finansial pemimpin liga Belanda Ajax secara signifikan leb­ih kecil dari Juventus. Klub, yang dikapteni oleh pemain belakang berusia 19 tahun Matthijs de Ligt, menghabiskan 45 juta euro mu­sim panas lalu untuk memboyong pemain baru guna meningkatkan harapan mereka di Liga Champi­ons.

Gelandang bertahan Daley Blind bergabung dari Manchester United. Pemain depan Dusan Tadic dari Southampton, untuk memberikan kepemimpinan bagi skuad muda dengan usia rata-rata 24 tahun.

Kekuatan serangan Ajax dimoto­ri Neres yang berusia 22 tahun, Du­san Tadic dan Hakim Ziyech telah terbukti efektif musim ini.

Pemain Veteran Klaas-Jan Huntelaar, 35, juga bermain bagus dengan mence­tak hat-trick dalam kemenangan 6-2 atas Excelsior di liga Belan­da pada akhir pekan. Namun gelandang Frenkie de Jong, 21, belum pasti dimainkan sebagai starter setelah mengalami kesakitan pada hamstring-nya. ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment