Koran Jakarta | March 27 2019
No Comments
Seleksi Pemimpin l Dua Calon Wakil Gubernur Dinilai Layak Dampingi Anies

Pengajuan Cawagub Mundur Lagi

Pengajuan Cawagub Mundur Lagi

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

PKS ingin Partai Gerindra segera menyetujui dua cawagub yang disepakati tim fit and proper test.

JAKARTA - Tim uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test (FPT) telah menghasilkan rekomendasi dua nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Namun, pengajuan nama cawagub ke gubernur DKI Jakarta dipastikan akan mundur.

“Kemungkinan demikian (mundur). Sudah tanya pimpinan Gerindra, kenapa? Nah, kita tunggu saja. Hehehe,” ujar Kepala Bidang Humas DPW PKS DKI Jakarta, Zakaria Maulana Alif, saat dihubungi, di Jakarta, Minggu (10/2).

Sebenarnya, kata Zakaria, PKS menginginkan pengajuan nama cawagub kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dilakukan secepatnya, yakni pada hari ini, Senin (11/2), sesuai kesepakatan kedua partai pengusung, PKS dan Gerindra.

“Kami menginginkan halnya untuk mempercepat, seperti itu (Gerindra segera tanda tangan), karena kan ini dateline yang sudah disepakati. Kami siap hari ini untuk menandatangani surat berisi dua nama yang direkomendasikan untuk menjadi cawagub mendampingi Pak Anies, tapi sampai sekarang, pimpinan Gerindra belum mengonfirmasi kesiapannya,” kata Zakaria.

Terpisah, Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Mohammad Taufik, mengaku belum bisa menandatangi surat pengajuan cawagub kepada Gubernur DKI Jakarta. Pihaknya beralasan masih di luar kota, sehingga baru bisa ditandatangani pekan depan.

“Kita lagi di luar kota. Belum bisa hari ini, mungkin minggu depan. Kan saya belum tanda tangan. Saya tanda tangan dulu, menunggu kita dulu,” kata Taufik.

Usai menuntaskan FPT, Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta, Sakhir Purnomo, memastikan tim FPT telah merekomendasikan dua nama cawagub untuk diajukan kepada Gubernur DKI Jakarta. Namun, pihaknya enggan menyebutkan kedua nama tersebut.

Dua Cawagub

Tim FPT sendiri yang terdiri dari Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Syarif, Peneliti LIPI, Siti Zuhro, pengamat politik Ubaidillah Badrun, dan pakar Kebijakan Publik, Eko Prasojo telah menyeleksi tiga cawagub, yakni Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta, Agung Yulianto, Ketua fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi, dan Mantan Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu.

“Kegiatan ini sebagai bukti bahwa hasil FGD yang melibatkan sejumlah pakar masalah ibukota dalam bentuk resume, langsung diserahkan dan disaksikan bersama-sama, dan ini menandakan bahwa proses ini tidak main-main,” ujar Sakhir usai menuntaskan FGD bersama tim FPT tersebut.

Ketiga cawagub itu dikenalkan oleh Tim Panelis Fit and Proper Test (FPT) kepada delapan orang narasumber Focus Group Discussion (FGD). Ke-8 narasumber itu melakukan pendalaman materi bersama Tim Panelis FPT selama kurang lebih dua jam.

“Ini untuk memastikan saja kepada para kandidat, sehingga rekomendasi semalam memutuskan dua nama untuk disampaikan kepada pimpinan Partai Gerindra dan PKS. Selanjutnya pimpinan Gerindra & PKS DKI Jakarta akan berkirim surat kepada Gubernur, mengajukan dua nama calon kader PKS,” ungkapnya.

Dengan waktu yang cukup panjang ini, masih menurut Sakhir, semoga hasilnya pun dapat diterima warga Jakarta, dan PKS juga Gerindra di Jakarta dapat lebih fokus untuk memenangkan Pilpres dan Pileg 2019 yang akan datang.

“Mudah-mudahan kedua nama yang direkomendasikan adalah yang terbaik untuk warga Jakarta, yang akan bekerja sesuai visi dan misi Gubernur Anies Baswedan yang saat ini sudah menuntaskan beberapa janji kerjanya ketika kampanye,” tegas Sakhir.  pin/P-5

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment