Koran Jakarta | July 20 2019
No Comments
Seleksi Pejabat

Pendaftaran Calon Sekjen KPK Diperpanjang

Pendaftaran Calon Sekjen KPK Diperpanjang

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi Pem­berantasan Korupsi (KPK) memperpanjang pendaftaran seleksi terbuka jabatan Sekre­taris Jenderal (Sekjen) KPK. Perpanjangan pendaftaran dalam gelombang ketiga di­lakukan sampai akhir minggu ini yaitu Jumat (17/5). Dalam seleksi ini, KPK akan mencari tiga kandidat yang akan di­usulkan kepada Presiden.

“Salah satu kandidat akan dipilih dan diangkat oleh Presiden. Dalam program In­donesia memanggil ini, KPK mengajak warga negara In­donesia, baik yang berstatus ASN atau bukan ASN yang ingin mengabdikan diri se­cara langsung dalam pembe­rantasan korupsi untuk ber­gabung dengan KPK dalam posisi sebagai Sekjen,” kata Juru Bicara KPK, Febri Dian­syah, di Jakarta, Selasa (14/5).

Febri mengatakan po­sisi ini memang membutuh­kan calon yang benar-benar kompeten bergabung dengan KPK. Mereka berkompeten membina atas manajemen perencanaan, pengelolaan keuangan, organisasi dan tata laksana, manajemen strate­gis dan manajemen kinerja, manajemen sumber daya ma­nusia hingga bantuan hukum dan hubungan masyarakat.

“Terdapat 17 kompetensi yang diharapkan bisa mun­cul dari kandidat Sekjen KPK ini. Kami butuh mereka yang berkompetensi manajerial, terdiri dari 13 kompetensi dan empat kompetensi bidang,” jelas Febri.

Hingga saat ini, tambah Febri, ada 150 pendaftar. Un­tuk informasi terkait pendaf­taran, dapat diakses secara langsung pada website https://jpt.kpk.go.id/ sehingga para calon dapat melihat deskripsi jabatan, persyaratan, jadwal kegiatan, dan informasi yang relevan lainnya.

Bukan Pengurus Parpol

Selain aspek kompetensi, kata Febri, terdapat juga per­syaratan bagi pelamar yaitu ti­dak menjadi pengurus partai politik dalam lima tahun ter­akhir; tidak terikat hubungan keluarga baik sedarah mau­pun semenda sampai dengan derajat ketiga dengan pim­pinan/penasihat/pegawai KPK.

Syarat lainnya, tambah Febri, tidak terikat hubungan keluarga baik sedarah mau­pun semenda sampai dengan derajat ketiga dengan ter­sangka/terdakwa/terpidana tindak pidana korupsi; telah menyelesaikan kewajiban membayar pajak dan per­syaratan lain.

Pendaftaran sudah dibuka sejak 5 April 2019. Sebelum­nya, pada Rabu (13/2), enam jabatan pimpinan tinggi madya untuk jabatan Sekjen gelombang kesatu dan ke­dua KPK tidak lolos tahapan wawancara. Keputusan ini, berdasarkan hasil konsultasi ke Komisi Aparatur Sipil Ne­gara (ASN).

Keenam kandidat ini ter­diri dari dua orang kandidat dari seleksi gelombang per­tama dan empat orang kan­didat dari seleksi gelombang kedua dengan total pelamar sampai saat ini yaitu 5.852 orang. ola/N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment