Pemprov DKI Ajak Pelaku Usaha Kurangi Sampah | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 10 2019
No Comments

Pemprov DKI Ajak Pelaku Usaha Kurangi Sampah

Pemprov DKI Ajak Pelaku Usaha Kurangi Sampah

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak pelaku usaha untuk mengurangi sampah dari kawasan komersial. Dari data Dinas Lingkungan Hidup, 29 persen sampah yang dibuang ke Bantargebang, Bekasi berasal dari kawasan komersial seperti gedung dan restoran.

“Untuk sampah dari kawasan komersial, kami mengi­nisiasi Jakarta Less Waste Initiative. Ini merupakan pro­gram Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang melibat­kan pemilik/manajemen gedung, kawasan komersial, dan restoran di Jakarta untuk bersama-sama melakukan inisiasi dalam upaya pengurangan sampah Jakarta,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih, di Jakarta, Kamis (13/6).

Dengan program ini, diharapkan ada pengelola gedung yang mampu mereduksi sampah sejak dini. Nantinya, lima peserta dengan inisiatif terbaik akan mendapatkan peng­hargaan “Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan” dari Gu­bernur DKI Jakarta.

“Rata-rata sampah yang dihasilkan dari kegiatan komer­sial 2.152 ton/hari. Dalam setahun, sampah dari gedung-kawasan komersial bisa membangun 10 gedung tertinggi di Jakarta,” katanya.

Diakuinya, tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi akan penuh dalam 3 tahun ke depan. Saat ini, jumlah sampah yang dihasilkan masyarakat Jakarta mencapai 7500 ton per hari.  pin/P-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment