Pemkot Yogyakarta Inisiasi Perusahaan Efek Daerah | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments
Lembaga Keuangan

Pemkot Yogyakarta Inisiasi Perusahaan Efek Daerah

Pemkot Yogyakarta Inisiasi Perusahaan Efek Daerah

Foto : ISTIMEWA
Haryadi Suyuti Walikota Yogyakarta
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mendorong pembentukan perusahaan efek daerah karena dinilai memiliki potensi cukup besar. Perusahaan efek daerah akan berperan sebagai kanal distribusi pasar modal di daerah dan diharapkan bisa menggenjot pendapatan daerah.

“Kami berharap ide ini pertama kali diterapkan di Kota Yogyakarta,” ucap Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat Pemaparan Proses Perizinan Perusahaan Efek Daerah di Yogyakarta, Selasa (3/12).

Haryadi berharap masyarakat bisa memanfaatkan perusahaan efek daerah ini untuk berpartisipasi pada penanaman modal sehingga akan lebih produktif. “Ini juga sebagai langah strategis untuk menghindari investasi bodong yang marak terjadi belakangan ini sekaligus menjaring investor domestik di daerah,” imbuhnya.

Karenanya, dia mendesak literasi pasar modal secepatnya agar masyarakat mengerti tentang penting dan potensi kehadiran lembaga keuangan yang mampu menjawab dinamika jaman saat ini.

“Semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat, maka fungsi lembaga keuangan dalam menghimpun dan menyalurkan dana ke masyarakat juga semakin diperlukan,” jelas Haryadi.

Pesatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat tidak lepas dari implementasi Otonomi Daerah yang memberi keleluasaan kepada daerah untuk membangun daerahnya sendiri. Pada kondisi demikian, lembaga keuangan semakin strategis berpartisipasi menggerakkan perekonomian daerah.

Tak hanya itu, semakin beragamnya produk jasa keuangan yang ditawarkan sangat bermanfaat untuk menjawab ekspektasi masyarakat dalam mempercayakan pengelolaan dana keuangan.

 

Potensi Besar

 

Sementara, Direktur Pengawasan Transaksi Efek OJK, Khoirul Muttaqien mengakui Yogyakarta sebagai kota pendidikan memiliki potensi cukup besar untuk pembentukan perusahaan efek daerah.

“Dengan pembentukan Perusahaan Efek Daerah itu, dari sisi investor tentunya akan menambah alternatif untuk produk investasi yang bisa diinvestasikan,” jelasnya.

 

YK/E-10

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment