Koran Jakarta | May 21 2019
No Comments
suara daerah

Pemkab Halmahera Utara Gencar Bangun Infrastruktur

Pemkab Halmahera Utara Gencar Bangun Infrastruktur

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pariwisata tidak akan bisa berkembang tanpa dukungan dari infrastruktur. Kedua sek­tor ini memiliki hubungan yang sangat erat dan saling bergantung antara satu dan yang lainnya. Hal inilah yang dilakukan oleh Kabupaten Halmahera Utara. Daerah ini tengah giat membangun dan mengembangkan infrastruktur pariwisata.

Dalam upaya pengem­bangan sektor pariwisata di Kabupaten Halmahera Utara ini, salah satunya dilakukan dengan menggandeng investor asal Singapura Globalports PTE LTD untuk menanamkan modalnya. Dengan pem­bangunan infrasutruktur pariwisata diharapkan mampu mendatangkan banyak wisa­tawan ke wilayah ini.

Untuk mengetahui lebih jauh upaya pengembangan pariwisata di wilayah ini, wartawan Koran Jakarta, Mohammad Zaki Alatas ber­kesempatan mewawancarai Bupati Halmahera Utara, Frans Manery, seusai acara penan­datanganan kerja sama PT Hibualamo Jaya (BUMD) den­gan Globalports PTE LTD, di Jakarta, belum lama ini. Beri­kut petikan selengkapnya.

Bisa diceritakan penan­datanganan kerja sama ini?

Ini merupakan perjanjian kerja sama antara BUMD Kabupaten Halmahera Utara dan investor asal Singapuran. Kerja sama investasi untuk membangun infrastruktur di Halmahera Utara, yang meli­puti pembangunan pelabuhan, infrasturktur perikanan, dan infrastruktur di sektor pari­wisata.

Kerja samanya berupa apa?

Pembangunan infrastruk­tur pariwisata diharapkan mampu mendatangkan 500.000 wisatawan ke Halmahera Utara. Penandatanganan Head of Agreement ini adalah kelanjutan dari MoU yang telah disepakati sebelumya pada Juli 2018.

Bisa ceritakan kedua peru­sahaan yang sepakat bekerja sama ini?

PT Hibualamo Jaya ada­lah BUMD yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan dan kehutanan, perikanan dan perdagangan umum. Sedangkan Global Ports PTE LTD adalah perusahaan yang berpengalaman menge­lola pelabuhan. Investasinya dikembangkan dari Eropa hingga ke Asia.

Global Ports baru-baru ini menanamkan modalnya di Aceh dengan memba­ngun pelabuhan di Sabang. Tidak hanya mengurusi kargo, pelabuhan ini juga akan melayani kapal-kapal penum­pang. Dalam sea-planes yang ditawarkan, Pelabuhan Sabang bisa menjadi pintu masuk bagi wisatawan dari dan menuju destinasi lain di Asia Tenggara, seperti Phuket atau Langkawi dengan kapal amfibi.

Bagaimana Anda melihat kerja sama ini?

Saya sangat gembira karena tahap demi tahap investasi ini dapat cepat dilalui. Dengan adanya investasi yang cukup besar saya berharap nantinya Kabupaten Halmahera Utara akan setara dengan kabupat­en-kabupaten lain yang telah maju. Investasi juga akan mendorong man­faat di sektor ekonomi yang bisa langsung dirasakan oleh ma­syarakat.

Apakah investasi ini mendapatkan du­kungan dari perangkat daerah lain?

Kedatangan investor ke Halmahera Utara disambut baik dan mendapatkan pujian dari berbagai pihak. DPRD Halmahera Utara menyambut dengan tangan terbuka dan siap mendukung penuh apa rencana investor.

Dukungan lain dari pihak DPRD?

Mengingat investasi besar ini akan mencakup pemba­ngunan di berbagai sektor dalam jangka waktu yang panjang, maka DPRD Pro­vinsi juga akan memberikan dukungan berupa payung hukum agar investasi ini dapat terus berjalan sebagaimana yang direncanakan dan tidak melenceng sehingga mengaki­batkan konflik di masa yang akan datang.

Bisa diceritakan tentang destinasi wisata di Halma­hera Utara?

Halmahera Utara memiliki destinasi-destinasi wisata yang sangat menarik. Laut yang ber­sih, pantai yang indah dengan biota laut yang masih asri tersebar di Tobelo, Kao, Galela, dan Lolada Utara. Kesemuanya adalah spot-spot yang sangat di­minati wisatawan, khususnya dari mancanegara.

N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment