Koran Jakarta | August 24 2019
No Comments
HUT ke-74 RI

Pemerintah Gelar Festival Gapura Cinta Negeri

Pemerintah Gelar Festival Gapura Cinta Negeri

Foto : istimewa
beri keterangan - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara (kiri) berbincang dengan Pengarah Festival, Erick Thohir (kedua kiri), Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf (tengah), Sekretaris Festival Wishnutama (kedua kanan) dan Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki seusai menyampaikan keterangan pers Festival Gapura Cinta Negeri di Gedung Utama Kemensetneg, Jakarta, Rabu (17/7).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah akan menggelar Festival Gapura Cinta Negeri. Festival ini digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019. “Dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI, kita dari Kementerian Sekertariat Negara, Badan Ekonomi Kreatifdan juga Kementerian Dalam Negeri telah berembuk dan bersepakat untuk mengadakan acara festival yang sifatnya nasional yaitu festival gapura cinta negeri,” kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama di Kementerian Sekretarian Negara, Jakarta, Rabu (17/7).

Menurut Setya, kesepakatan tersebut juga dituangkan dalam Keputusan Menteri Sekretaris Negara, Nomor 191 Tahun 2019 tentang Pembentukan Panitia Festival Gapura Cinta Negeri. “Dari hasil kesepakatan kami diformalkan oleh pak Mensesneg (Pratikno) selaku ketua panitia hari-hari nasional,” tutur Setya. Ia pun menjelaskan bahwa setiap tahunnya dalam rangka menyambut ulang tahun kemerdekaan RI selalu ada kegiatan baru yang dilakukan pemerintah. ”Dan, tahun ini kita bersepakat ada hal yang baru, ini salah satu aja,” jelas dia.

Setya menambahkan bahwa pihaknya juga akan mengajak seluruh lapisan masyarakat mulai dari tingkat rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), perusahaan, instansi, BUMN dan lainnya, untuk mengikuti festival tersebut secara bersama- sama dan gotong royong, membangun kebersamaan. “Setelah lama berkutat dengan Pemilu berbulan-bulan, kemudian kita kembalikan lagi kebersamaan kita dengan salah satunya dengan festival ini,” ucap Setya. Dalam kesempatan itu, Setya mengatakan untuk menyukseskan festival ini ditunjuk Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo untuk menjadi ketua panitia. “Kenapa pak Hadi? Karena beliau ini punya instansi di daerah, sehingga bisa menggerakkan di desadesa, di RT-RW, dan lain-lain. Kemudian dari Bekraf serta juga melibatkan pihak di luar seperti pak Erick (Thohir),” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Hadi Prabowo mengatakan digelarnya Festival Gapura Cinta Negeri untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan serta meningkatkan nilai-nilai nasionalis. “Juga membangkitkan partisipasi dan menumbuhkan kreatifitas masyarakat,” kata Hadi Prabowo. Ia menjelaskan, festival ini diselenggarakan mulai tanggal 17 Juli sampai 17 Agustus 2019. Disela-sela gelaran tersebut peserta juga bisa merebutkan piala bergilir yang diberikan oleh Presiden.

“Untuk pendaftaran lewat website www.gapuracintanegeri. com. Persyaratannya peserta hanya diminita mengirimkan foto minimal 10 foto dan mengunggahnya di situs yang tersedia. Tidak (perlu) langsung datang tapi dengan buka website. Ini memudahkan masyarakat tinggal menyatakan keikutsertaan dan bukti identitas kemudian tentunya akan menyerahkan foto hasil pembangunan gapura,” jelas dia.

fdl/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment