Koran Jakarta | December 14 2018
No Comments

Pemerintah Akan Terbitkan Obligasi Berdenominasi Yuan

Pemerintah Akan Terbitkan Obligasi Berdenominasi Yuan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BADUNG - Kementerian Keuangan akan menerbitkan obligasi berdenominasi yuan. Direktur Strategi dan Portofolio Utang Kemenkeu, Schneider Siahaan, mengatakan rencana tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam mendiversifikasi instrumen pembiayaan di tengah derasnya aliran modal keluar akibat pengetatan moneter di negara maju.

“Rencana penerbitan surat utang berdenominasi yuan sedang kita buat kajian. Tetapi, kita lihat posisi pasar sekarang belum begitu likuid sehinga belum dipasarkan,” katanya di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (9/10).

Ia mengatakan pemerintah akan bersikap oportunis dalam penerbitan surat utang berdenominasi yuan. Pemerintah akan menarik pinjaman dari pasar yang relatif tenang.

Dengan sikap tersebut nantinya, pemerintah akan langsung merealisasikan rencana penerbitan surat utang berdenominasi yuan kalau hasil kajian menunjukkan pasar keuangan China cukup likuid.

Selain oportunis, agar surat utang laku, pemerintah juga akan berupaya semaksimal mungkin memperbaiki citra Indonesia sebagai lokasi investasi menarik bagi investor di tengah gejolak ekonomi di sejumlah negara berkembang.

Schneider mengatakan saat ini investor global masih mencari-cari lokasi untuk menempatkan investasinya di tempat lain yang lebih menguntungkan. bud/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment