Pemanfaatan Biodiversitas Masih Rendah | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 20 2017
No Comments

Pemanfaatan Biodiversitas Masih Rendah

Pemanfaatan Biodiversitas Masih Rendah

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA– Pemanfaatan kekayaan sumber daya hayati biodiversitas saat ini baru 10 persen. Padahal, kondisi geografis Indonesia yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau berada di kawasan iklim tropika, dan dijaga oleh arus laut dari dua samudra besar menyebabkan biodiversitas di Indonesia sangat tinggi, unik, dan endemik, atau sering disebut sebagai negara megabiodiversitas.

“Baru 10 persen kekayaan alam yang sudah dieksplor. Bagaimana dengan yang 90 persen lagi? Jangan sampai sebelum kita kenali itu sudah lebih dulu hilang,” demikian kata Dekan Fakultas Biologi Budi Setiadi Daryono, saat membuka Seminar bertajuk Biodiversitas Tropika Indonesia: Kekayaan dan Pemanfaatannya di UGM, Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, profesor di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Universitas Indonesia, Jatna Supriatna memberikan pemaparan seputar kekayaan biodiversitas tropika Indonesia beserta pemanfaatannya.

Fenomena ini, ujarnya, perlu dilihat sebagai aset yang memiliki keuntungan komparatif dan kompetitif untuk memajukan dan mensejahterakan bangsa. YK/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment