Peluang Garuda Muda Kembali Terbuka | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments

Peluang Garuda Muda Kembali Terbuka

Peluang Garuda Muda Kembali Terbuka

Foto : ANTARA/Sigid Kurniawan
A   A   A   Pengaturan Font

Kemenangan 8-0 atas Brunei Darussalam membuka jalan bagi Timnas Indonesia untuk melaju ke babak empat besar SEA Games 2019.

BINAN – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 membuka peluang melaju ke babak semifinal cabang olah raga sepak bola putra SEA Games Filipina 2019. Tim berjuluk Garuda Muda itu berhasil menang telak 8-0 atas Brunei Darussalam pada pertandingan keempat babak penyisihan Grup B yang berlangsung di Stadion Binan Filipina, Selasa (3/12) malam.

Gol-gol Indonesia tercipta melalui Osvaldo Haay (11’, 47’,71’), Egy Maulana Vikri (40, 79’), Saddil Ramdani (50’), Witan Sulaiman (68’), Andy Setyo (77’).

Evan Dimas dan kawan-kawan memang wajib menang dengan skor besar untuk mengamankan langkah ke babak empat besar.

Indonesia dan Thailand kini sama-sama memiliki sembilan poin. Garuda Muda untuk sementara kembali ke posisi kedua klasemen dengan unggul selisih gol. Thailand memasukkan 12 dan kebobolan dua gol (plus 10). Sementara Indonesia memasukkan 13 dan kemasukan dua (plus 11). Vietnam yang menang 1-0 atas Singapura tetap kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 12 poin.

Thailand akan melakoni laga sulit kontra Vietnam pada laga terakhir, Kamis (5/12), sementara Indonesia berhadapan dengan Laos. Kemenangan atas Laos bakal memastikan langkah tim asuhan Indra Sjafri ke babak semifinal.

Sebelum laga Indra Sjafri, menegaskan timnya tak meremehkan Brunei Darussalam. Dia tak mau Timnas Indonesia U-22 mengulangi kesalahan yang sama seperti yang terjadi pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 pada Maret 2019 silam.

“Kami tentu akan bermain seperti biasa dan ingin menang melawan Brunei dengan selisih gol sebanyak mungkin. Hal ini karena penentuan lolos dari fase grup bila poin sama yakni dengan sistem selisih gol. Namun kami tidak ingin meremehkan Brunei Darussalam,” sambung Indra Sjafri.

Timnas Indonesia memiliki rapor tidak pernah kalah dari Brunei Darussalam dalam pertemuan di ajang SEA Games. Sejak multievent terbesar di kawasan Asia Tenggara itu berubah nama menjadi SEA Games, Indonesia sudah tujuh kali berjumpa Brunei.

Seluruh pertemuan itu terjadi di babak grup. Dalam tujuh pertemuan itu, Tim Merah Putih meraih lima kemenangan dan dua pertandingan lainnya berujung imbang.

Pada awal-awal SEA Games, Indonesia hanya berhasil meraih satu kemenangan dalam tiga pertandingan melawan Brunei. Di SEA Games 1977 di Kuala Lumpur, Malaysia, Indonesia menang 4-0 di Stadion Merdeka. Tetapi di dua perjumpaan SEA Games berikutnya, di 1983 serta 1985 Brunei bisa mengimbangi Tim Merah Putih dengan skor 1-1.

Rapor kemenangan atas Brunei kembali diukir Timnas Indonesia di SEA Games 1987 di Jakarta saat menang 2-0 di Stadion Senayan. Kemenangan besar pertama atas Brunei di SEA Games diukir Indonesia di edisi berikutnya di Malaysia. Pada SEA Games 1989, Indonesia menang telak 6-0.

Di SEA Games 1999. Brunei yang menjadi tuan rumah dipermalukan Indonesia 0-3. Rekor kemenangan terbaru atas Brunei dibukukan Indonesia di SEA Games 2001 di Singapura. Indonesia menang telak 9-0.

Setelah pertandingan di SEA Games 2001 Indonesia belum pernah lagi bertemu dengan Brunei di ajang dua tahunan ini.

Tiga Tim Tersingkir

Thailand kembali mendapat kemenangan saat menghadapi Laos. Bertanding di Stadion Rizal Memorial, Thailand menang atas Laos dengan cukup dramatis.

Dua gol dari Suphanat Mueanta (90’, dan 90+4’) memastikan tim asuhan Akira Nishino mengakhiri perlawanan Laos dengan kemenangan. Hasil ini membuat Thailand berhak mendapatkan tambahan poin sebanyak tiga angka.

Kemenangan Thailand tersebut membuat tiga tim dipastikan tersingkir. Laos harus angkat koper karena hanya menyisakan satu laga dan jumlah poin mereka tidak mampu mengejar dua tim teratas grup B. Selain Laos, Singapura (1 poin), dan Brunei Darussalam (tanpa poin) juga dipastikan angkat koper dari perhelatan SEA Games 2019. ben/S-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment