Koran Jakarta | March 25 2019
No Comments
Seleksi Cawagub

Pekan Ini, Cawagub Diserahkan ke Anies

Pekan Ini, Cawagub Diserahkan ke Anies

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Nama calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta akan diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pekan ini.

“Pak Anies tanya, kapan kira-kira (menyerahkan nama cawagub)? Itu saya bilang minggu ini. Karena fit and proper test sudah selesai, sekarang hasilnya kami serahkan kepada DPP untuk menentukan dua dari tiga nama,” ujar Anggota DPRD M Taufik, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (18/2).

Diakuinya, pertemuan pimpinan PKS dan Gerindra Jakarta dengan Anies hanya melaporkan proses fit and proper test yang dijalani ketiga Cawagub. Yakni, Sekretaris DPW PKS, Agung Yulianto, Mantan Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu dan Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi.

“Kita melaporkan hasil pembahasan kami berdua berkaitan dengan hasil fit and proper test. Saya jelaskan pada Pak Anies bahwa fit and proper test sudah selesai, sekarang hasilnya kita serahkan kepada DPP,” kata Taufik.

Dari ketiga nama cawagub itu, lanjut Taufik, pimpinan pusat masing-masing partai pengusung, yakni PKS dan Gerindra akan menentukan dua nama untuk diajukan kepada Gubernur DKI Jakarta. Setelah itu, Gubernur DKI Jakarta akan melanjutkan pengajuan nama cawagub itu ke DPRD DKI Jakarta untuk dipilih melalui rapat paripurna.

“Nanti kami akan bersurat ke Pak Gubernur. Nah karena bersurat pada Pak Gubernur, saya minta Pak Gubernur untuk melanjutkan surat itu kepada DPRD,” imbuhnya.

Proses konsultasi nama cawagub dengan Gubernur DKI Jakarta ini, diikuti oleh Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta Sakhir Purnomo, Ketua MPW PKS DKI Jakarta M. Arifin, Wakil Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin, Bendahara Umum DPW PKS DKI Jakarta Noerhadi; serta dari Gerindra diwakili oleh Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M. Taufik.

Menurut Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta Sakhir Purnomo, silaturahim tersebut masih terkait pembahasan dan belum penyerahan dua nama untuk dibawa ke Gubernur Anies kepada DPRD DKI Jakarta. “Kami hadir untuk menyampaikan informasi hasil Fit and Proper Test Cawagub yang telah dilaksanakan, sekaligus berdiskusi terkait persiapan pengiriman surat ajuan dua nama Kader PKS sebagai Cawagub serta tindak lanjut surat Gubernur kepada DPRD DKI Jakarta,” kata Sakhir.

Saat ini, lanjutnya, masing-masing Pimpinan PKS dan Gerindra DKI Jakarta sedang mengonsultasikan nama-nama Cawagub DKI kepada pimpinan pusat di masing-masing partai. Hal itu dilakukan, mengingat dokumen ajuan dua nama kader PKS sebagai Cawagub harus sesuai edaran yang disampaikan oleh Sekda Pemprov DKI Jakarta, yakni perlu ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris PKS-Gerindra DKI Jakarta, plus Ketua Umum/Presiden Partai-Sekretaris Umum/Sekretaris Jenderal DPP.

“Sehingga, sedang diikhtiarkan agar ada penandatanganan bersama surat ajuan dua nama kader PKS sebagai Cawagub antara PKS dan Gerindra,” ungkapnya.

Dengan demikian, Sakhir berharap sekaligus meminta doa dari warga Jakarta agar pekan ini surat ajuan terkait dua nama kader PKS untuk menjadi Cawagub DKI, dapat dikirim kepada Gubernur Anies.

“Sebagaimana penjelasan Gubernur Anies pagi tadi, jika surat ajuan dua nama kader PKS sebagai Cawagub sudah diterima, Insya Allah Gubernur Anies akan segera menindaklanjutinya dengan berkirim surat kepada DPRD DKI Jakarta,” tandasnya. pin/P-5

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment