Koran Jakarta | July 22 2018
No Comments
Jelang Pilpres

PDIP Kembali Usung Jokowi Jadi Capres

PDIP Kembali Usung Jokowi Jadi Capres

Foto : twitter PDIP
JOKOWI HADIRI RAKERNAS PDIP - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan di Denpasar, Bali, Jumat (23/2). PDI Perjuangan kembali mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden 2019-2024 pada pemilihan presiden mendatang.
A   A   A   Pengaturan Font

DENPASAR – Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada PDI Perjuangan (PDIP) atas kepercayaan yang kembali diberikan kepada dirinya untuk menjadi calon presiden 2019–2024. Bahkan, Jokowi juga menyatakan akan menerapkan pola pembangunan berdikari sebagaimana yang telah diamanatkan.

“Spirit berdikari inilah yang dipesankan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, terutama dalam hal pangan, energi, pertahanan, dan keuangan,” ucap Jokowi usai menyerahkan sertifikat tanah adat desa di Kota Denpasar, Bali, Jumat (23/2). Jokowi menuturkan PDIP merupakan partai yang solid, mengakar, pancasilais, kuat, serta menjunjung tinggi semangat gotong royong.

Menurutnya, hal tersebut tidak lepas dari hasil kepemimpinan Ketua Umum PDI Perjuangan saat ini, yakni Megawati Soekarnoputri. “Itulah yang membuat saya yakin bahwa pemerintahan ke depan akan lebih stabil, lebih efektif karena dukungan partai-partai yang menyatu dengan dukungan rakyat,” ujar Jokowi.

Meski sudah dicalonkan sebagai calon presiden, Jokowi belum memutuskan nama pendampingnya sebagai calon wakil presiden. “Kriteria mengenai wakil presiden itu dibicarakan bersama-sama nantinya dengan seluruh partai pendukung,” tutup Jokowi.

Seperti diketahui, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menggunakan hak prerogatifnya untuk menunjuk Joko Widodo sebagai calon presiden yang akan diusung pada Pemilu Presiden 2019. Hal itu dikatakan Megawati dalam sebuah video yang dirilis Twitter resmi PDI Perjuangan.

Pernyataan Megawati itu dikatakannya di sela-sela pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan. “Dengan ini saya menyatakan, calon presiden dari PDI Perjuangan adalah Joko Widodo,” kata Megawati dalam video tersebut. Megawati meminta semua kader PDIP siap memenangkan Jokowi dalam Pilpres 2019 dengan semua tenaga dan sumber daya yang ada di partai politik tersebut.

Sedangkan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menjelaskan PDIP melalui Megawati Soekarnoputri sudah merespons harapan. “Jadi, ini sebenarnya semacam pengukuhan kembali, mengingat pada tanggal 14 Maret 2014, Ketua Umum sudah menetapkan Pak Jokowi saat itu sebagai calon presiden,” katanya.

Menurut Hasto, keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengusung kembali Joko Widodo sesuai dengan tradisi yang dibangun PDI Perjuangan, yakni selalu mendorong kadernya. 

 

Ant/fdl/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment