Koran Jakarta | June 24 2019
No Comments
JEDA

PDIP-Gerindra Bakal Unggul di DKI

PDIP-Gerindra Bakal Unggul di DKI

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PDI Perjuangan dan Gerindra diprediksi menjadi partai yang akan menguasai perolehan suara di daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta I, DKI Jakarta II, dan DKI Jakarta III. Kedua partai tersebut diuntungkan dengan mendapat efek ekor jas (coattail effect) karena merupakan partai pengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Survei tersebut diselenggarakan di dapil DKI Jakarta 1, 2 dan 3 dengan jumlah sampel 800 responden di setiap dapil melalui wawancara tatap muka (face to face Interview). Survei dilaksanakan pada tanggal 18-25 Januari 2019, dengan margin of serror dari survei di tiap-tiap dapil kurang lebih 3,4 persen.

Hal itu disampaikan Direktur Riset Charta Politika Muslimin dalam sebuah rilis survei di kawasan Adityawarman, Jakarta Selatan, Senin (11/2). Ia mengatakan, efek ekor jas sangatlah terasa mengangkat elektabilitas kedua partai. Di mana PDI Perjuangan sebagai pengusung Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, sedangkan Gerindra mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. “Partai pengusung capres/cawapres mendapat keuntungan efek ekor jas,” kata Muslimin.

Iya menjelaskan, di dapil DKI Jakarta I, Gerindra berada di posisi paling atas dengan 12,8 persen dan PDI Perjuangan di posisi kedua 12,5 persen. Di dapil DKI Jakarta II, Gerindra di urutan satu 26,6 persen, PDI Perjuangan kedua 22,3 persen. Namun di dapil DKI Jakarta III, PDI Perjuangan berada di puncak dengan 27,0 persen sedangkan Gerindra 20,1 persen.

Politikus PDI Perjuangan yang juga caleg DPR RI dapil DKI Jakarta 3 Charles Honoris mengatakan, bahwa sekarang ini pemilih fokus utamanya adalah pilpres sehingga bagi para caleg agak kesulitan untuk mensosialisasikan diri kepada pemilihnya. rag/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment