Koran Jakarta | August 23 2019
No Comments

Pasar Mobil Bekas Masih Sangat Besar

Pasar Mobil Bekas Masih Sangat Besar

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi usia kendaraan 10 tahun di jalananan Ibu Kota tak membuat bisnis mobil bekas menjadi suram. Bahkan, pasar mobil bekas bakal kian besar, karena permintaannya melebar ke daerah.

Menurut CEO Belimobilgue.co.id, Johnny Widodo, saat ini penjualan mobil baru sekitar satu juta lebih per tahun. Sedangkan mobil bekas tiga kali lipat lebih besar, yakni sekitar tiga setengah juta unit per tahun. “Sebulan 300 ribu, market ini sangat besar,” katanya di Jakarta, Selasa (13/8).

Bahkan, Johnny mengungkapkan pihaknya menangkap peluang besar jika rencana pembatasan usia kendaraan pribadi maksimal 10 tahun benar-benar direalisasikan.

Johnny menjelaskan, rata-rata pemilik menjual mobilnya pada saat berusia antara 3-7 tahun. “Kalau seandainya di Jakarta diatur mobil Anda tidak boleh lebih dari 10 tahun, kemungkinan dia akan jual lebih cepet. Buat saya impact-nya malah lebih bagus, makin banyak orang yang jual,” tukas Johnny.

Johnny Widodo baru menjabat sebagai CEO marketplace Belimobilgue. co.id. Penunjukkan dirinya sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan industri dan pasar pada aplikasi jual beli mobil bekas. Johnny merupakan mantan Director of Sales and Partnerships platform pembayaran digital OVO.

Dia akan membawa pengalaman dan pengetahuannya untuk mengembangkan bisnis Belimobilgue. co.id di Indonesia.

“Kita akan terus bekerja sama dengan dealer, pelanggan dan mitra bisnis untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik. Kita menanamkan pengetahuan lokal, hubungan dan keahlian dengan sumber daya dan modal global,” paparnya.

Selain menunjuk Johnny, Belimobilgue.co.id juga mendapat suntikan dana segar. Frontier Car Group yang didukung oleh Naspers/OLX memberikan komitmen sebesar 30 juta dollar AS atau sekitar 429 miliar rupiah untuk dua tahun ke depan.

“Ini merupakan dukungan strategis dalam hal modal dan sumber daya, guna memastikan kami memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk menangkap peluang pasar dan memantapkan posisi sebagai pemain dominan di Indonesia,” sebut Johnny.

Belimobilgue.co.id diluncurkan pada bulan April 2017 sebagai perusahaan joint venture antara Frontier Car Group yang didukung oleh Naspers/OLX dan perusahaan modal ventura independen lndonesia, lntudo Ventures. Peluncurannya didukung oleh raksasa otomotif lokal, yakni PT Tunas Ridean Tbk, Amand Ventures, Tasman Fund, Digital Grage, dan pendiri Gojek, Michaelangelo Moran. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment