Pasangan Biden dan Harris Berhasil Kumpulkan Dana 26 Juta Dollar AS | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 19 2020
No Comments
Kampanye Perdana

Pasangan Biden dan Harris Berhasil Kumpulkan Dana 26 Juta Dollar AS

Pasangan Biden dan Harris Berhasil Kumpulkan Dana 26 Juta Dollar AS

Foto : OLIVIER DOULIERY/AFP
DEBUT PERDANA I Pasangan capres AS, Joe Biden dan istrinya (kiri), dan cawapres, Kamala Harris dan suaminya, tampil di gym Sekolah Alexis I. DuPont di Wilmington, Delaware, AS, Rabu (12/8) waktu setempat.
A   A   A   Pengaturan Font

WILMINGTON – Pasangan calon presiden (capres) Amerika Serikat, Joe Biden, dan calon wakil presiden (cawapres), Kamala Harris, tampil di gym Sekolah Alexis I. DuPont di Wilmington, Delaware, kota tempat tinggal Biden, Rabu (12/08) waktu setempat. Biden berhasil mengum­pulkan dana 26 juta dollar AS dalam 24 jam setelah dia menunjuk Harris sebagai pasangannya.

Dalam debut perdana kampanye mereka untuk pilpres, 3 November mendatang, politisi Partai Demokrat tersebut menuding petahana Donald Trump sebagai sosok jago merengek.

“Donald Trump telah memu­lai serangannnya dengan menyebut Kamala wanita yang buruk, tidak­lah mengejutkan karena itulah me­mang kelebihan Trump yaitu terus merengek, presiden yang paling jago merengek dalam sejarah Amerika Serikat (AS),” kata Biden.

Biden tidak lupa melontarkan pu­jian hangat kepada Harris, wanita Afro-Amerika dan Asia-Amerika per­tama yang menjadi cawapres dalam sejarah AS. Dalam pidato politiknya, Biden mengatakan dia bersama Har­ris akan kembali membangun AS yang tengah dalam kekacauan aki­bat kepemimpinan Presiden Trump. Biden menuduh Trump gagal me­mimpin AS selama menghadapi kri­sis akibat virus korona.

“Saya Harris akan memperbaiki kekacauan yang telah dibuat oleh Presiden Trump dan Wakil Presiden Pence di dalam dan luar negeri.”

Harris tidak kalah garang mengkri­tik Presiden Trump. “Presiden Trump mewarisi ekonomi yang sehat dari pen­dahulunya Obama dan Biden, namun seperti segala yang dipegangnya, dia menghancurkannya dalam sekejap.”

Senator California itu mengatakan inilah akibatnya jika memilih presi­den yang tidak kompeten dan tidak mengerti tanggung jawabnya dalam menangani banyak hal mulai dari pan­demi Covid-19, krisis ekonomi, dan ke­rusuhan rasial yang melanda AS.

“Amerika menjadi compang-camping dan reputasi kita rusak di seluruh dunia.”

Lebih Cerah

Menyebut Trump sebagai lawan yang harus segera dilenyapkan, Har­ris percaya 83 hari lagi, rakyat Ame­rika dapat memilih masa depan yang lebih cerah untuk negara mereka.

Harris mengingatkan warga AS mesti berhati-hati dengan sejumlah konflik rasialisme yang belakang­an terjadi selama kepemimpinan Trump. Sebagai wanita kulit berwar­na pertama yang menjadi pasangan calon presiden untuk partai besar AS, Harris mengatakan negaranya mesti menyudahi masalah rasisme.

“Rasisme dan ketidakadilan sistemik yang telah membawa koalisi baru, hati nurani ke jalan-jalan untuk menuntut perubahan,” katanya.

Harris diharapkan memainkan pe­ran kunci dalam upaya itu. Dia berga­bung dengan Biden di Delaware untuk penggalangan dana pertama mereka bersama sebagai calon wakil presiden. AFP/SB/P-4

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment