Koran Jakarta | November 21 2017
No Comments
Cuaca Ekstrem

Para Menteri Diperintahkan Atasi Kekeringan

Para Menteri Diperintahkan Atasi Kekeringan

Foto : ANTARA/Rosa Panggabean
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta kepada jajarannya segera mencari langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi kekeringan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia.


“Saya minta semua menteri dan lembaga terkait serta para gubernur untuk benar-benar melihat kondisi-kondisi yang ada di lapangan dan segera melakukan langkah-langkah penanggulangan bencana kekeringan ini,” kata Presiden Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) Penanggulangan Bencana Kekeringan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (12/9).


Berdasarkan laporan yang diterimanya, BMKG menyatakan bahwa musim hujan di beberapa daerah diperkirakan baru terjadi akhir November atau akhir Oktober 2017 mendatang. Hal tersebut tentu saja menyebabkan kekeringan di sejumlah daerah di Tanah Air.

“Beberapa daerah sudah tidak mengalami hujan berturut-turut lebih dari 60 hari, lebih dari dua bulan, bahkan sebagian di Pulau Jawa saat ini sedang mengalami puncak musim kemarau,” ucap Presiden.


Karena itu, Presiden ingin disiapkan bantuan air bersih bagi masyarakat yang terkena dampak kekeringan. Hal ini sebagai langkah pendeknya. “Saya juga minta di cek untuk suplai air untuk irigasi pertanian sangat dibutuhkan, terutama untuk mengairi lahan-lahan pertanian di daerah-daerah yang terdampak,” ujar Presiden.

“Dalam dua tahun terakhir, pemerintah juga telah membangun sejumlah embung, waduk, hingga bendungan guna mengantisipasi bencana tersebut.”


Selain air bersih, lanjut Presiden ketersediaan stok bahan pangan di sejumlah daerah juga harus dijaga guna menghindari kelangkaan yang mengakibatkan kenaikan harga.

“Saya juga minta diantisipasi ketersediaan stok bahan pangan di beberapa daerah sehingga tidak mengalami kelangkaan dan stabilisasi harga bisa terjaga,” jelas Presiden. fdl/cit/eko/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment