Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments

Pabrikan Tiongkok Ramaikan Pasar SUV

Pabrikan Tiongkok Ramaikan Pasar SUV

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Mobil SUV (sport multifungsi) yang tampil lebih gagah menjadi salah satu mobil yang banyak dibeli. Hadirnya SUV Tiongkok yang dikenal lebih terjangkau membuat persaingan pada segmen ini semakin menarik.

Merek Tiongkok Wuling tampaknya tidak hanya menawarkan mobil penumpang saja. Setelah memasarkan mobil katergosi low MPV Wuling Confero dan juga MPV, Wuling Cortez kemungkinan di masa depan akan meluncurkan jenis Sport Utility Vehicle (SUV). Seperti pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Wuling telah mengenalkan nama “Wuling SUV”, yang kemunkinan besar Wuling Baojun 580.

Baojun dengan penggerak roda belakang jika nanti dipasarkan akan akan bersaing dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan juga merek asal Tiongkok sendiri DFSK Glory 580, dengan harga yang kompetitif. Wuling Baojun pada GIIAS meski belum dipasarkan namun mendapat sambutan positif dari pengunjung.

Hal ini karena SUV ini menawarkan desain yang menarik mengikuti desain yang sedang menjadi tren saat ini. Vice President of Vehicle Sales, Service and Marketing (VSSM) Wuling Motors, Cindy Cai mengatakan hadirnya Baojun pada GIIAS 2018,sebagai untuk mengetahui respons pasar di Indonesia.

“Kami sedang melakukan riset, dengan metode riset bermacam-macam,” ujar dia. Wuling yang dikenal dengan menawarkan harga yang murah membuat Wuling Baojun yang dipamerkan cuku menarik perhatian. Apalagi desain mobil ini cukup kekinian dengan bumper depan yang mirip dengan Mitsubishi Xpander.

Pada bagian bumper terdapat lampu siang haru LED DRL (daytime running lamp), lampu kabut. Pada atapnya terdapat sunroof yang digerakkan secara elektrik. Sementara pada bagian roda terdapat velg aluminium dengan dimensi cukup besar sehingga terlihat gagah. Kesan maskulin dan sporty tidak hanya terpampang dari sisi depan mobil Wuling Baojun 530 atau Wuling SUV saja, tetapi juga dari sisi samping.

Pada fender cukup menonjol, dengan kaca spion yang sudah terintegrasi dengan lampu sein. SUV Wuling tersebut terlihat kekar namun ramping. Pada bagian belakang terdapat tulisan Wuling SUV. Salah satu yang membuat mobil ini terlihat bertenaga adalah adanya Rear Skid Plate dan Dual Exhaust berlapis krom pada bagian buritan. SUV yang mampu memuat 7 memiliki dimensi yang cukup lega, cocok untuk keluarga Indonesia.

Dari kabinnya Baojun terlihat mewah. Kursi pengemudinya dapat diatur secara otomatis otomatis seperti yang terdapat pada mobil mewah. Joknya menggunakan lapisan kulit, membuat nyaman saat duduk, bisa bertahan hingga lama.

Hebatnya Baoujun mengadopsi sistem audio dari merek terkenal produksi Harman Infinity, dengan dukungan layar sentuh 8 inci dengan konektifitas WiFi di dashboard. Dengan keneksi perangkat bisa tersambung secara nirkabel ke sistem hiburan pada mobil. Wuling tidak memasang mesin lemah pada Baojun. Di dalamnya dipasang mesin dengan pilihan 1,5 liter dan 1,8 liter.

Tentu saja Wuling tidak mencantumkan harga mobil yang khusus untuk riset pasar ini. Namun jika mengacu pada harga mobil dari Tiongkok umumnya dan harga Wuling yang dipasarkan di Indonesia seperti Confero dan Cortez maka diperkirakan hargnya cukup kompetitif dibandingkan pesaing. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment