Koran Jakarta | August 18 2018
No Comments

Otot Tubuh, Inspirasi Desain Meja Kursi

Otot Tubuh, Inspirasi Desain Meja Kursi

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Selain menyehatkan dan menguatkan otot tubuh, olah raga bela diri mempu memberikan inspirasi desain meja dan kursi.  Hal tersebutlah yang dilakukan AC/AL, sebuah studio desain di Paris untuk koleksi label Petite Friture. Meja kursi dibuat dengan menampakkan lengan-lengan penyangga terlihat dominan.

Inspirasi desain diambil tidak hanya sebatas gerakan-gerakan bela diri yang terkadang mampu membentuk sudut tangan maupun kaki. Filosofi olah raga yang memberikan harmonisasi tubuh menjadi pertimbangan lainnya. 

“Sehubungan Dojo tempat yang didedikasikan untuk mempelajari meditasi dan pembelajaran bela diri, koleksi ini muncul dari pencarian esensi dan harmonis yang menyatukan ketegangan struktur dan fluiditas,” ujar perancang AC/Al seperti yang dikutip dari Dezeen, sebuah situs arsitektur dan desain interior.

Alhasil, meja dan kursi di desain sangat halus, elegan dan cair, desain yang mampu memberikan sebuah ketenangan. Dojo didesain dengan siluet lengkung yang mengingatkan bentuk kursi bentwood klasik.

Beech yang merupakan pohon yang terdapat di Eropa, Asia dan Amerika Utara digunakan untuk bahan pembuat jok dan kaki kursi sedangkan sandarannya terbuat dari baja. Demikian pula untuk meja Dojo, bagian atasnya menggunakan beech sedangkan kaki meja kombinasi baja dan beech. 

Baja digunakan persisi di bawah meja sedangkan beech digunakan pada dasar kaki meja.

Dojo yang dikerjakan selama dua tahun memiliki siluet warna yang berbeda antara bahan yang terbuat dari baja dan beech. 

Bahan beech dibiarkan memperlihatkan warna alami kayu. Sedangkan, bahan baja menjadi permainan desain warna dengan menorehkan warna hitam maupun putih dalam koleksinya.

Koleksi akan diluncurkan pada paeran IMM Cologne dan Maison & Objet, sebuah pameran furnitur pada bulan ini. Konsep pameran akan dipresentasikan dalam tema Petite Friture’s 2018 Villegiature PF. Villegiature PF merupakan rumah liburan imajiner yang digambarkan ilustrator Perancis, Lisa Laubreaux.

Dalam pameran nantinya, Petite Friture akan menempatkan koleksi terbarunya dalam adegan liburan khas yang dibuat ilustrator Laubreaux. Masing-masing furnitur akan melompat dalam gambar untuk mengenang moment-moment akrab yang pernah dialami dalam satu kehidupan. 

“Alasan mengapa kami memilih Lisa Laubreaux untuk membuat sketsa adegan bahagia dan familiar yang menangkat semangat liburan ini, karena goresannya humornya membuat seseorang tersenyum,” ujar perwakilan label Petite Friture. din/E-6 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment