Koran Jakarta | December 17 2017
No Comments
Industri Perbankan - Saat ini, 16 Kantor Perwakilan Bank Asing Beroperasi di Indonesia

Optimalkan Peran Bank Asing

Optimalkan Peran Bank Asing

Foto : Sumber: Bank Indonesia
A   A   A   Pengaturan Font

Dengan kondisi perekonomian yang membaik dan didukung sentimen positif ekonomi global, seharusnya kantor perwakilan bank asing dapat lebih menggenjot kreditnya.

Jakarta – Kontribusi perwakilan bank asing di Indonesia terhadap perekonomian nasional saat ini dianggap belum optimal. Karena itu, kantor perwakilan bank asing di Indonesia untuk meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian, di antaranya dengan menggenjot penyaluran kredit infrastruktur bagi proyek pemerintah dan swasta. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Heru Kristiyana, mengatakan hingga Oktober 2017, penyaluran kredit dari kantor perwakilan bank asing sudah cukup menggeliat, yakni bertumbuh 20 persen menjadi 72 triliun rupiah.

“Kredit itu disalurkan dari kantor pusat melalui kantor perwakilan, dan sejalan dengan kondisi yang membaik, kreditnya meningkat cukup pesat,” ujar dia, di Jakarta, Rabu (6/12). Heru mengatakan dengan kondisi perekonomian yang membaik, didukung sentimen positif ekonomi global, seharusnya kantor perwakilan bank asing dapat lebih menggenjot kreditnya. “Mereka harus mendukung penyaluran kredit yang lebih produktif. Kita lihat Rencana Bisnis Bank (RBB) kita di 2018 kan target penyaluran kredit bisa tumbuh sekitar 13 persen. Kan itu positif,” ujar dia.

Heru juga meminta kantor perwakilan dapat meningkatkan kualitas sumber daya mdi Indonesia melalui pertukaran informasi dan pemanfaatan tenaga kerja asing. Dia berjanji akan membuat regulasi untuk meningkatkan pengawasan dan kepatuhan kantor perwakilan terhadap ketentuan industri perbankan di Indonesia. Namun, Heru belum dapat merinci regulasi tersebut. “OJK akan mendorong terus untuk mereka dari waktu ke waktu perannya lebih positif,” ucapnya.

Akuisisi Bertahap

Pada kesempatan lain, investor Jepang, Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dikabarkan akan mengakuisisi saham PT Bank Danamon Tbk, yakni Asia Financial (Indonesia) Pte, secara bertahap. “Informasi yang kami dapatkan mereka mau ambil dulu porsi yang tidak mayoritas. Mungkin tahap pertama, tapi kami terus terang belum tahu besarannya, tapi kepemilikannya minoritas,” ujar Kepala Departemen Pengawas Perbankan II OJK, Aristiadi. Di tahap II, lanjut dia, MUFG akan merampungkan akuisisi 40 persen saham Danamon. Hal itu sesuai pertemuan antara pemegang saham Danamon, Temasek melalui Asia Financial Pte, dan BTMU. Dari hasil pertemuan itu, Aristiadi melihat, negosiasi kepemilikan saham akan rampung pada awal 2018. mad/Ant/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment