Koran Jakarta | November 12 2019
1 Comment

Optimalisasi Desain Interior di Apartemen

Optimalisasi Desain Interior di Apartemen

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam kondisi lahan yang terbatas, apartemen menjadi tempat tinggal yang tidak kalah nyaman dibandingkan rumah tapak. Di ruang tersebut, penghuni dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan bahkan bersosialisasi.

Apartemen O, karya Studio Nomad’s Architects, sebuah biro aritektur, membangun kembali apartemen lama sesuai dengan gaya hidup saat ini. Apartemen yang terletak di Budapest, Hungaria yang memiliki luas 60 meter persegi.

Apartemen ini diubah menjadi ruang yang membebaskan hubungan spasial atau dalam terjemahan bebas kemampuan untuk mengamati hubungan posisi obyek dalam ruang. Suasana terasa lebih lega.

Seperti yang dilansir dari archdaily, relaksasi dan kegiatan sosial dan kesenangan dapat dinikmati di apartemen yang diselipkan dalam kehidupan sehari-hari. Langah pertama dalam proses perbakan adalah untuk mengklarifikasi hubungan spasial. Dinding partisi dihancurkan dan dua kamar besar disatukan.

Rencananya dimodifikasi bahkan selama fase pembongkaran, lengkungan yang muncul antara kamar mandi dan dapur menjadi elemen penentu desain interior. Sistem ini dirancang dengan beberapa elemen penting yang menunjukkan pada fungsi apartemen.

Desain memungkinkan penghuni untuk menafsirkan kerangka kerja untuk tinggal di ruang sehingga seluruh apartemen dapat konsisten, baik dari segi fungsi maupun estetikanya. Elemen utamanya adalah meja dapur yang berlanjut ke bagian dinding tanaman hijau di dekat bak mandi dan galeri.

Dengan hanya menggeser tiang, ruang ganti yang menghadap kamar mandi dapat terjangkau. Tampilan batu batu bata mentah makin menyoroti hubungan antara strutur lama dan struktur baru.

Dalam kasus perubahan yang tergolong besar, garis bata yang tertinggal menggantikan dinding lama akan menunjukkan dinamika desain dan menunjukkan struktur historis. Sedangkan permukaan meja dapur dibuat sebagian dengan kayu lapis degan bentangan 4 meter.

Studio Nomad telah berhasil berpertisipasi dalam sejumlah tender beberapa tahun terakhir ini. Mereka juga merupakan perancang Pameran Hungaria Venice Architecture Biennale 2018. Mereka juga dikenal sebagai pemimpin workshop dan memiliki label furnitur. din/E-6

Klik untuk print artikel

View Comments

niken swastika
Kamis 7/11/2019 | 13:23
Ditunggu lagi info menarik lainnya, kunjungi website kami juga yaa, di https://interior-jogja.com/

Submit a Comment