Koran Jakarta | July 17 2019
No Comments
Jaringan Tetap

Operator Fiber Optik Modernisasi Layanan

Operator Fiber Optik Modernisasi Layanan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Metode jaringan FTTH (fiber to the home) menjadi layanan internet terbaik untuk rumah tangga. Operator berusaha meluaskan cakupan, kualitas, dan variasi conten untuk menarik jumlah pelanggan.

Di Indonesia pemain internet pita lebar jaringan tetap (fixed broadband) tergolong cukup banyak seperti Telkom, Biznet, My Republic, First Media, CBN, dan juga XL. Namun demikian, secara penetrasinya layanan yang biasa disebut dengan fiber to the home atau FTTH ini, masih sangat rendah.

Sebagai pemain terbesar, Telkom IndiHome baru memiliki pelanggan sebanyak 5 juta pada awal Desember 2018. Padahal di seluruh Indonesia terdapat setidaknya 60 juta rumah tangga yang berpontensi menjadi pelanggan jaringan tetap. Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana mengatakan, saat ini, kebutuhan akses internet kecepatan tinggi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam mendukung aktivitas keluarga.

Dengan masih rendahnya penetrasi internet jaringan tetap, Telkom tengah gencar menggelar infrastruktur serat optik, serta melaksanakan modernisasi jaringan demi menyediakan layanan terbaik untuk pelanggan IndiHome.

Sedangkan XL Axiata terus berupaya menambah pelanggan dari layanan barunya XL Home. Hingga akhir tahuan 2019, operator ini menargetkan dapat meraih sebanyak 500.000 pelanggan, dengan menawarkan internet cepat dan konten yang lebih variatif.

Ada tiga variasi paket XL Home, yaitu paket family dengan harga 349.000, paket super user dengan harga 499.000, dan paket ultimate dengan harga 999.000 rupiah dengan kecepatan internet anatara 100 Mbps sampai 500 Mbps.

Uniknya XL Home beroperasi dari wilayah pinggiran dulu yaitu Bodetabek, menyusul Jakarta, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar. “Kami mulai dari pinggir kota seperti Bekasi dan Tangerang, karena persaingan di Jakarta sudah sangat ketat,” ujar Direktur Corporate Strategy & Business Development XL Axiata, Abhijit Navalekar, di Jakarta. Dengan XL Home Entertainment Box, dengan sistem operasi Android pelanggan bisa menikmati semua konten dari Youtube atau televisi langsung. Untuk memberikan tontonan menarik XL Home bekerjasama dengan Netflix, Catchplay, beIN Sport Connect, dan Eros Now untuk tayangan bollywood.

Pelanggan juga bisa menikmati saluran televisi lokal maupun internasional yang disediakan oleh Dens TV, Ucast TV, dan Ivideo Smart, Bloomberg, Entertainment Weekly, Sports Illustrated, Automoto TV, Simply K-Pop, dan lainnya. Sementara, IndiHome Telkom juga menawarkan varian layanan yang lengkap kepada pelanggan IndiHome mulai dari channel TV dan konten lainnya seperti games, fitur karaoke serta layanan untuk meningkatkan speed yang bisa diperoleh pelanggan melalui Add-On serta berbagai program promo.

Siti mengatakan, untuk mendapatkan pelanggan baru IndiHome tengah memperluas jangkauan, meningkatkan kualitas layanan, memperkaya konten, menyediakan beragam fitur menarik dan juga meningkatkan kenyamanan pelanggan, dengan menghadirkan pusat layanan pelanggan terpadu yaitu Plasa Telkom dan GraPARI.

Menurut Head of Product Home Business XL Axiata Roy Wishnu Wibowo, disamping bersaing dalam menawarkan kecepatan dan konten menarik, bisnis internet rumah memang memiliki tantangan sendiri. “Penggelaran kabel hingga ke rumah-rumah membutuhkan biaya tinggi dan ijin-ijin yang tidak mudah,” katanya. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment