Koran Jakarta | December 16 2017
No Comments

Nyaman Melaju dengan Sedan Berteknologi “EarthDreams”

Nyaman Melaju dengan Sedan Berteknologi “EarthDreams”

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Pasar sedan memang tak seramai MPV (mobil keluarga) dan SUV (tipe sport). Namun, sedan punya penggemar yang sangat fanatik. Sebab itu, agen pemegang merek (APM) masih terus “merawat” sedan agar tak ditinggal konsumen. Fitur-fitur mewah pun dibenamkan.

Persangan sedan di kelas 2500 cc cukup ketat. Bermain di pasar yang tak gemuk, sedan kelas middle up ini menjanjikan kenyamanan berkendara. Meski dijejali MPV dan SUV, pasar sedan tidak goyah. Penggemar sedan tetap menantikan tampilan-tampilan baru dengan fitur canggih dan mesin yang lebih modern.

Karena itu, APM tetap menjadikan sedan sebagai salah satu produk andalan. Honda, misalnya, pabrikan asal Jepang ini tetap mengandalkan sang legenda, Accord, di kelas 2500 cc. Melalui Honda Prospect Motor (HPM), New Honda Accord sudah dilempar ke pasaran. Reaksi pasar sangat baik. Per Februari 2017, New Honda Accord terjual 32 unit.

Untuk menjajal kenyamanan New Honda Accord, Koran Jakarta mencoba menjajalnya di jalur Jakarta- Yogyakarta-Jakarta, belum lama ini. Perjalanan dengan sedan mewah ini sangat menyenangkan meski ditemani cuaca yang tak menentu. Ya, sudah sebulan belakangan ini cuaca tidak bersahabat. Sebentar cerah sebentar kemudian hujan deras dengan kilat yang menyambar-nyambar. Bahkan, tak jarang diikuti angin kencang yang merusak dedaunan hingga membuat pohon tumbang.

Cuaca tak bersahabat itu tentu saja mempengaruhi rencana banyak orang melakukan perjalanan ke luar kota. Ya, karena orang khawatir dengan risiko yang terjadi, entah itu banjir, terjebak macet, hingga kerusakan kendaraan.

Orang boleh khawatir, bagi kami tidak. Justru cuaca tidak bersahabat menjadi bagian dari rencana mencoba kendaraan kelas premium All New Honda Accord. Pilihan jenis sedan juga bagian dari rencana ini.

Berbekal secukupnya, kami kemudian menelusuri rute perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta. Hujan yang terus mengguyur sejak berangkat seolah menantang kami untuk memahami sedan keluaran tahun 2016.

Genangan air di sebagian jalan tol terus kami terabas. Suasana malam yang temaram tak mengganggu jarak pandang sebab sorot lampu kendaraan sangat membantu. Laju kendaraan pun jangan ditanya, sungguh stabil di berbagai kondisi.

Keguyuban All New Honda Accord kian terasa ketika melintas di jalur Pantura Brebes- Semarang. Kondisi jalan yang agak berlubang juga tak begitu mempengaruhi stabilitas kendaraan. Cengkraman rem pun membantu kami terhindar dari ancaman-ancaman kendaraan lain yang saling terobos.

Kurang lebih sepuluh jam berkendara, sampailah kami di Kota Gudeg. Aneh, tak terasa lelahnya. Padahal, kami baru saja melakoni perjalanan sekitar 600 kilometer. Mungkin, beginilah rasanya kalau menggunkan sedan premium.

Honda Accord memang memupunyai senjata andalan di sektor mesin. Mengusung teknologi baru mesin Earth- Dreams, mesin berkapasitas 2.4 liter DOHC i-VTEC ini memang punya tenaga yang lebih rendah dari Accord sebelumnya, yakni bertenaga 176 PS, namun puncak tenaga bisa dicapai lebih cepat.

Hasilnya, akselarasi Honda All New Accord terbilang ringan, bahkan seakan tidak sedang membawa sedan bongsor, karena injakan pedal gas yang responsif dan ringan. Perpindahan transmisinya pun juga halus, bahkan hampir tidak terasa, baik ketika sedang berakselarasi di jalanan mendatar, maupun ketika harus menurunkan gigi saat harus melahap tanjakan.

Sejak kehadirannya, Honda Accord telah menjadi tolak ukur sedan premium di Indonesia dalam hal desain, teknologi, dan keselamatan, hingga mencatat penjualan akumulatif tertinggi di kelasnya hingga saat ini. Berbagai perubahan juga memberikan nilai lebih dan diterima dengan baik oleh konsumen.

Menurut informasi, perubahan desain All New Honda Accord yang semakin mewah tampak dari desain bumper depan, hood top, hingga bumper belakang. Lampu depan menerapkan desain baru dengan elemen pencahayaan Full LED Light dan Daytime Running Light.

Desain baru juga tampak di interior, yakni menggunakan perpaduan Alaska Wood Panel dan Gloss One Black untuk menciptakan atmosfir hangat dan elegan. Sistem audio baru dengan layar sentuh 7,5 inci dapat terkoneksi dengan gadget dan memiliki fitur WiFi tethering yang memungkinkan akses internet selama perjalanan, serta NAVI system untuk menampilkan rute berkendara dalam peta 3 dimensi.

Fitur Speed-sensitive Volume Compensation (SVC) berguna untuk mengatur volume audio secara otomatis sesuai dengan kecepatan berkendara. New perjalanan ke luar kota. Ya, karena orang khawatir dengan risiko yang terjadi, entah itu banjir, terjebak macet, hingga kerusakan kendaraan. Orang boleh khawatir, bagi kami tidak. Justru cuaca tidak bersahabat menjadi bagian dari rencana mencoba kendaraan kelas premium All New Honda Accord. Pilihan jenis sedan juga bagian dari rencana ini. Berbekal secukupnya, kami kemudian menelusuri rute perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta. Hujan yang terus mengguyur sejak berangkat seolah menantang kami untuk memahami sedan keluaran tahun 2016. Genangan air di sebagian jalan tol terus kami terabas. Suasana malam yang temaram tak mengganggu jarak pandang sebab sorot lampu kendaraan sangat membantu. Laju kendaraan pun jangan ditanya, Honda Accord dibekali dengan mesin 2.4 liter DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga sebesar 176 PS pada 6.200 rpm dengan torsi maksimal 225 Nm pada 4.000 rpm. New Honda Accord tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, White Orchid Pearl dan Crystal Black Pearl.

Fitur-fitur teknologi canggih dan serba digital juga tak lupa di bekalkan pada All New Ac Accord, yang bisa memberikan tambahan skor kepuasan yang bisa di dapatkan si pengendara itu sendiri. Performa yang powerfull, dengan di perkuat mesin bertenaga besar dan berteknologi canggih, bisa membuat pengguna dapat merasakan sensasi berkendara lebih menyenangkan menggunakan All New Accord, baik ketika sedang menempuh perjalanan jauh maupun perjalanan pendek, seperti ketika melakukan jalan-jalan bersama keluarga di dalam kota.  yun/E-6

Andalkan “Hybrid”

Sedangkan Toyota Camry hadir dengan 3 varian yang memiliki kelebihan masing masing, di antarnya ialah 2.5 V dengan kombinasi desain yang elegan dan fitur kendaraan yang lengkap, 2.5 hybrid memiliki konsep aggressive - advanced, dan yang terakhir 2.5 G sebagai kendaraan yang prestis dan fitur yang memadai yang nyaman.

Bicara soal harga, Toyota Camry memang di banderol cukup mahal, karena toyota camry menyasar konsumen kelas menengah ke atas, dan dari ketiga varian di atas, varian 2.5 hybrid yang memiliki harga tertinggi dari kedua varian yang lain.

Dapur pacu yang berkualitas dan berspek tinggi semakin melengkapi bagaimana sempurnanya mobil sedan milik Toyota ini. Memiliki kapasitas tangki seçbesar 70 liter yang di suplai dengan teknologi EFI, mobil ini menggunakan seri mesin 2AR-FE yang berkapasitas 2500 cc. Mobil sedan ini menggunakan tipe mesin inline 4 silinder, 16 valve, DOHC, VVT-i. di klaim sanggup memuntahkan tenaga maksimal. Rentang harga segmen sedan 2500 cc ini rata-rata berada di level 500 hingga 600 jutaan rupiah.  yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment