Koran Jakarta | April 19 2018
No Comments

Novanto Didakwa Rugikan Negara Rp2,3 Triliun

Novanto Didakwa Rugikan Negara Rp2,3 Triliun

Foto : ANTARA/Wahyu Putro A
Dengarkan Dakwaan - Sejumlah dokter dari RSCM dan dokter KPK dihadirkan untuk memeriksa kesehatan terdakwa kasus dugaan korupsi KTP elektronik Setya Novanto pada sidang perdana di gedung Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (13/12). Sidang tersebut mengagendakan pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum serta secara otomatis sidang praperadilan yang diajukan oleh Novanto di PN Jaksel gugur karena pokok perkara sidang sudah dibacakan.
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Sidang pertama kasus dugaan korupsi proyek KTP Elektronik atau E-KTP akhirnya digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (13/12) dengan terdakwa, matan Ketua Fraksi Golkar DPR Setya Novanto. Majelis hakim yang dipimpin Yanto, SH sempat menskor sidang sebanyak dua kali untuk memeriksa kesehatan Novanto yang mengaku sakit.

Tiga dokter yang dihadirkan adalah dokter dari RSPAD dokter EM Yunir, dokter departemen neurologi RSCM Dono Antono dan dokter dari bagian penyakit dalam divisi metabolik RSCM Freddy Sitorus. Jaksa KPK, Irene Putri saat membacakan dakwaan berpandangan, bancakan proyek e-KTP tersebut dilakukan bersama-sama dengan mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Irman; Pejabat Pembuat Komitmen proyek Kemendagri, Sugiharto; Pengusaha penyedia barang dan jasa pada Kemendagri, Andi Agustinus alias Andi Narogong dan Anang Sugiana Sudihardjo.

 

Menurut jaksa, rangkaian perbuatan Novanto secara bersama-sama telah mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar 2.314.904.234.275,39 rupiah. Hasil tersebut sesuai laporan hasil audit dalam rangka perhitungan kerugian keuangan negara yang dibuat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Atas perbuatannya, Setya Novanto didakwa melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. sur/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment