Nilai Estetis Dekorasi Area Jendela | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 24 2017
No Comments

Nilai Estetis Dekorasi Area Jendela

Nilai Estetis Dekorasi Area Jendela

Foto : istimewa
Tanpa dekorasi yang menarik, letak jendela hanya sekadar pajangan.
A   A   A   Pengaturan Font

Memiliki jendela yang indah merupakan salah satu nilai plus untuk menambah karakter interior rumah. Lebih dari itu, kehadiran jendela mampu menyediakan pencahayaan natural dari sinar matahari yang cukup untuk menyinari ruangan didalam rumah ketika siang hari. Tanpa adanya jendela, tentunya rumah terlihat suram dan tidak bercahaya.

Jendela tentu saja tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa dekorasi disekitarnya. Tanpa dekorasi yang menarik, letak jendela tentunya tak lebih dari sekedar pajangan yang digunakan seperlunya hanya untuk menyaring cahaya yang masuk dan sebagai ventilasi udara ketika dibuka.

Agar jendela tak hanya berfungsi sebagaimana mestinya namun juga dapat memberikan karakter tersendiri bagi rumah Anda, area jendela harus dihiasi seindah mungkin sehingga rumah yang Anda miliki tentunya lebih menarik dan menawan. Namun sebelum menentukan dekorasi jendela, tentu saja ada hal penting yang harus pertimbangkan. Hal yang pertama kali harus Anda pertimbangkan adalah fungsi dekorasi jendela apakah yang Anda butuhkan.

Apakah hanya untuk keperluan memperindah atau lebih dari sekedar memperindah namun juga memiliki fungsi tertentu. Misalnya, dekorasi jendela pada ruang kantor rumah yang membutuhkan sebuah tirai untuk mengurangi kesialauan. Dekorasi yang tepat pada area jendela tentunya akan meningkatkan nilai estetis sehingga Anda tidak akan pernah merasa bosan ketika berada didalam rumah.

Ada beberapa pilihan dekorasi jendela yang patut Anda pertimbangkan yang tentunya bisa Anda sesuaikan denga budget yang Anda miliki. Mnurut desainer interior Arie, beberapa jenis dekorasi menarik yang tentunya akan menginspirasi, misalnya, menghias dengn Cornice kayu.

Cornice atau hiasan yang diletakkan diatas jendela memang merupakan pilihan favorit para pemilik rumah. Cornice kayu biasanya dipilih untuk tema rumah klasik sehingga sangat jarang ditemui dirumah bergaya kontemporer karena tampilan cornice kayu yang terlihat begitu traditional dan alami.

Menarik juga dengan konsep jendela yang diwarnai. Jika Anda menyukai tampilan yang terlihat elegan namun tidak memiliki biaya lebih untuk memasang cornice jendela, Anda tetap masih bisa untuk memiliki tampilan jendela yang menarik dengan memberikan pewarnaan pada jendela mulai dari bingkainya hingga warna kacanya.

Tirai melengkung. Dekorasi tirai melengkung merupakan dekorasi yang unik karena bentuk tirai dan gantungannya yang melengkung 90 derajat. Dekorasi tirai melegkung ini sangat sesuai bila diletakkan di kamar tidur jika Anda benar-benar ingin memblok cahaya yang masuk agar tidur Anda lebih lelap.

Ada juga tirai buram. Tirai buram sangat cocok digunakan pada dekorasi jendela rumah yang memiliki pencahayaan berlebih. Tirai buram memiliki tekstur yang sedikit kasar namun tampilannya transparan yang dapat menyaring sinar yang masuk kedalam ruangan agar tidak terlalu silau.

Bisa juga jendela dihias dengan tirai tipis. Tira jenis ini menjadi favorit para pemilik rumah karena beberapa alasan. Yang paling umum menjadi faktor mengapa para pemilik rumah menyukai tirai tipis adalah karena tampilannya yang pas disetiap ruangan. Selain itu, tirai tipis memberikan kesan yang elegan dimana ruangan akan tetap memiliki penahayaan yang cukup sehingga tirai tipis cocok untuk jendela yang menghadap ke utara.

Tirai tipis berwarna putih akan membuat dekorasi jendela ruangan nampak indah, segar dan elegan ketika digantungkan sepanjang mendekati atap sampai ke lantai. Warna tirai tipis tentunya masih banyak lagi dan tentunya akan mempercantik jendela ruangan di rumah Anda. Agar tampilannya lebih kelihatan harmonis, sesuaikanlah tirai dengan warna dinding.  yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment