Koran Jakarta | October 14 2019
No Comments

Nigeria Waspadai Tim Debutan

Nigeria Waspadai Tim Debutan

Foto : AFP/PIUS UTOMI EKPEI
A   A   A   Pengaturan Font

JOHANNESBURG - Pelatih Nigeria, Gernot Rohr mewaspa­dai tim debutan Piala Afrika 2019. Hal itu diungkap Rohr meskipun sebagian pendatang baru sering tersingkir di putaran awal. Nigeria akan bersaing den­gan tim debutan Burundi dan Madagaskar di Grup B.

Dua puluh lima dari 39 tiim debutan atau sekitar 64,10 pers­en, pulang setelah putaran per­tama yang terdiri dari dua atau tiga pertandingan grup. Burun­di, Madagaskar, dan Mauritania di Grup E, bisa mengalami nasib yang sama karena mereka men­galmi persaingan yang lebih tinggi untuk pertama kalinya.

Pelatih asal Jerman, Rohr yang tim asuhannya Nigeria, termasuk di antara favorit untuk memenangkan turnamen yang berlangsung 21 Juni-19 Juli di Mesir, menekankan bahwa tidak ada lawan yang bisa dianggap enteng.

“Tidak akan ada pertand­ingan mudah bagi Nigeria,” tegas pelatih berusia 65 tahun itu menjelang pertandingan pembukaan mereka mela­wan Burundi di Alexandria, Sabtu (22/6).

D e n g a n m e n g a c u kepada per­ingkat dunia FIFA terbaru se­bagai panduan, tim berjuluk Su­per Eagles seharusnya menang dengan mudah karena mereka 89 tempat lebih tinggi di atas Burundi. Meski di atas kertas jauh lebih unggul, Rohr menga­takan: “Tim saya tidak akan per­nah meremehkan lawan mana pun tidak peduli peringkat yang mereka miliki.”

Rohr menambahkan bahwa Burundi bersaing dan menyin­gkirkan Gabon yang dipimpin Pierre-Emerick Aubameyang. Itu seharusnya berfungsi se­bagai peringatan bagi timnya.

Pelatih Guinea dan kelahi­ran Belgia Paul Put mengatakan hal senada dengan pandangan Rohr bahwa dua pendatang baru di Grup B itu patut dihor­mati. “Siapa bilang debutan ti­dak bisa maju melewati putaran pertama. Guinea dan Nigeria harus sangat berhati-hati dalam grup,” ujar Put.

Tim debutan terakhir yang maju melampaui putaran per­tama adalah Cape Verde, yang lolos ke perempat final 2013 dengan menyingkirkan Angola dan Maroko sebelum kalah dari Ghana. Turnamen Piala Afrika 2019 dimulai Ju­mat (21/6) di Stadion In­ternasiona l Kairo dengan pertandingan Grup A antara tuan rumah Me­sir kontra Zim­babwe. ben/ AFP/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment