Koran Jakarta | July 19 2019
No Comments
Sidang Pilpres

Musyawarah Hakim Digelar Hingga Kamis

Musyawarah Hakim Digelar Hingga Kamis

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Setelah sidang mendengarkan saksi dan ahli yang dihadirkan pihak pemohon, terlapor dan pihak terkait dalam perkara seng­keta hasil pemilihan presiden, majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) selanjutnya akan mengelar rapat permusyawaratan hakim (RPH) mulai Senin (24/6) sampai Kamis (27/6).

Menurut Juru Bicara MK, Fajar Laksono, RPH adalah forum dimana seluruh hakim konstitusi akan membahas dan mengambil keputusan­nya, apakah menerima per­mohonan pemohon atau se­baliknya. Hasil RPH itu akan dibacakan dalam sidang pu­tusan yang akan digelar paling lambat tanggal 28 Juni 2019.

“RPH membahas dan mengambil keputusan ber­dasarkan fakta yang ter­ungkap di persidangan, alat bukti dan keyakinan hakim,” kata Fajar Laksono di Jakarta, Minggu (23/6).

Fajar mengatakan Mahka­mah akan memberitahu ter­lebih dahulu kepada semua pihak yang terlibat dalam si­dang, mengenai jadwal sidang putusan. Tapi yang pasti, si­dang putusan MK paling lam­bat digelar 28 Juni 2019, yakni jatuh pada hari Jumat nanti.

Sebelumnya, usai meng­hadiri pemakaman putra Ketua Mahkamah Agung (MA) di TPU Karet Bivak, Jakarta, Sabtu (22/6), Ketua MK, An­war Usman mengungkapkan, jika tak ada aral melintang, si­dang putusan perselisihan ha­sil pemilu Pilpres 2019, akan digelar paling lambat 28 Juni 2019. Sebelum memutuskan, para hakim akan menggelar RPH terlebih dahulu.

“Insya Allah, tunggu saja, 28 Juni (sidang putusan) paling lambat,” kata Anwar Usman.

Namun Anwar mengakui, jika saat ini belum ada kesepakatan antar hakim, kapan tepatnya tanggal untuk meng­gelar sidang putusan. Tapi pi­haknya sudah mulai memba­has itu dalam rapat-rapat kecil yang telah dilakukan sejak si­dang yang digelar hari Jumat kemarin selesai.

“Kami habis sidang tadi malam (Jumat, 21 Juni 2019) sudah mulai bahas kecil-ke­cilan. Ini juga mau kembali ke kantor,” kata Anwar. ags/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment