Koran Jakarta | May 27 2019
No Comments

Musim Terakhir De Rossi di Roma

Musim Terakhir De Rossi di Roma

Foto : AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA
A   A   A   Pengaturan Font

ROMA – Gelandang AS Roma Daniele De Rossi akan mengakhiri karier bermainnya di klub ibu kota Italia itu setelah 18 tahun bersama. De Rossi membuat 615 penampilan dan mencetak 63 gol di semua kom­petisi untuk Roma.

Klub mengkonfirmasi dalam se­buah pernyataan bahwa pertand­ingan terakhir Roma musim ini -di kandang Parma- akan menjadi yang terakhir bagi De Rossi untuk klub yang dia bela sejak 2000.

Direktur Eksekutif Roma Guido Fienga mengatakan klub memberi tahu De Rossi pada hari Senin ten­tang keputusan mereka untuk tidak memperpanjang kontraknya.

“Saya meminta maaf kepada Daniele, atas nama klub, karena tidak berbicara dengannya lebih awal - ini merupakan musim yang bermasalah,” ujar Fienga pada kon­ferensi pers, Selasa (14/5) waktu se­tempat.

“Klub sadar akan kesalahan yang kami buat, dan kami merenung­kannya. Tapi kami menghargai cara Daniele menerima keputusan itu,” sambungnya.

Fienga menawari Rossi peran sebagai staf di Roma tetapi man­tan pemain internasional Italia itu memutuskan untuk memperpan­jang karier bermainnya.

“Saya hampir berusia 36 tahun dan saya paham bagaimana sepak­bola. Saya berterima kasih kepada direktur atas tawaran mereka, saya menghargainya. Tapi saya masih merasa seperti pemain,” ujar Rossi

“Akhirnya, saya pasti ingin men­jadi pelatih. Pada titik ini saya tidak melihat diri saya ingin menjadi di­rektur, tetapi di Roma peran seperti itu akan memiliki beberapa makna. Saya perlu pergi dan belajar dan be­lajar, itu akan menjadi perjalanan yang panjang,” sambungnya.

De Rossi memenangkan dua gelar Coppa Italia bersama Roma pada 2007 dan 2008. Dia nyaris merebut mahkota Serie A pada 2010 ketika Roma memimpin klasemen dengan empat pertand­ingan tersisa tapi dikalahkan oleh Inter Milan yang dilatih Jose Mourinho.

“Kami semua akan meneteskan air mata ketika dia mengenakan kostum “Giallorossi” untuk terakh­ir kalinya melawan Parma, tetapi kami menghargai keinginannya untuk memperpanjang karier ber­mainnya, meski itu jauh dari Roma,” ujar presiden klub James Pallotta.

“Saya ingin berterima kasih kepada Daniele atas dedikasinya yang luar biasa untuk klub ini dan memastikan bahwa pintu kami akan tetap terbuka baginya untuk kembali ke klub dalam peran baru kapan pun dia mau,” sambungnya.

De Rossi juga bermain 117 pertandingan untuk timnas Italia. Caps itu membuatn­ya menjadi pemain keempat yang paling banyak bermain un­tuk “Gli Azzurri” dan masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua di final Piala Dun­ia 2006, saat mereka mengalahkan Pran­cis melalui adu pen­alti setelah bermain imbang 1-1.

De Rossi melewat­kan sebagian besar Piala Dunia 2016 karena dia menjal­ani skorsing empat pertandingan. Skors­ing tersebut dijatuh­kan karena men­yikut lawan dalam pertandingan pem­buka melawan Amerika Serikat. ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment