Koran Jakarta | December 15 2018
No Comments

Mudik, Hindari Isi Daya Sembarangan

Mudik, Hindari Isi Daya Sembarangan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Saat mudik, biasanya pengguna ponsel pintar melakukan pengisian baterai di sepanjang perjalanan. Melakukan pengisian daya beterai di tempat umum ternyata berisiko pembajakan.

Metode pembajakan siber terbaru bisa dilakukan melalui tempat isi ulang baterai ponsel. Artinya tempat-tempat umum seperti bandara, stasiun, rest area, rumah makan dan lainnya berpotensi menjadi tempat peretasan model ini.

Peretasan dengan nama Juice Jacking belakangan menjadi momok baru yang ditakuti oleh pengguna ponsel. Pasalnya teknik ini mampu meretas gadget melalui USB yang biasa kita gunakan untuk mengisi ulang.

Metode Juice Jacking dapat berkerja pada sistem operasi iOS maupun Android, baik yang kelas bawah maupun seri tercanggih, karenanya semuanya membutuhkan power supply yang menggunakan kabel yang sama dengan koneksi data.

“Artinya, kabel yang digunakan untuk mengisi ulang baterai di ponsel Anda adalah kabel yang sama digunakan untuk mentransfer dan menyinkronkan data,” demikian yang disampaikan Eset dalam keterangan persnya.

Juice Jacking bekerja dengan data/power pada kabel yang sama, menjadi jalan bagi peretas untuk masuk dan mendapatkan akses ke ponsel selama proses pengisian.

Memanfaatkan USB kabel data/power virus akan mengakses data telepon dan/atau menyuntikkan kode berbahaya ke perangkat.

Pencurian data dengan metode ini telah menjadi ancaman terbesar bagi pengguna gadget di mana pun Anda berada setiap kali mengisi ulang baterai. “Karena itu bagi para pemudik yang sedang kehabisan baterai di jalan, agar berhati-hati setiap kali ingin mengisi ulang atau mengecharge ponsel atau gadget yang dibawa,” imbuh Eset.

Menurut Eset, kesadaran keamanan harus dibangun oleh diri sendiri, lakukan persiapan semenjak dini dengan melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan agar terhindar terpapar oleh serangan siber yang mengincar data-data berharga dalam ponsel, terlebih lagi data finansial.

Untuk mencegah serangan Juice Jacking, isilah daya saat ponsel dalam kondisi tidak aktif.Disarankan untuk membawa baterai backup (power bank) atau baterai cadangan eksternal, cara ini dapat menghindari smartphone mengisi ulang baterai di ruang publik.

Hindari pengisian ulang perangkat mobile di tempat-tempat publik yang hanya menyediakan port USB untuk melakukan pengisian. Isi daya dengan menggunakan charger dan Kabel data milik sendiri dengan langsung terhubung ke listrik. Bila bepergian menggunakan mobil, dapat menggunakan perangkat pengisian yang dihubungkan ke lighter yang ada. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment