Motor Petualangan Orang Berduit | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 20 2020
No Comments

Motor Petualangan Orang Berduit

Motor Petualangan Orang Berduit

Foto : ist
A   A   A   Pengaturan Font

Bagi orang dengan ekonomi mapan salah satu cara menikmati hidup adalah dengan melakukan petualangan di alam bebas. Cara ini bisa dilakukan dengan sepeda motor adventure premium yang memiliki tenaga melimpah disertai dengan fitur-fitur canggih yang menghadirkan sensasi tersendiri. Salah satu motor sport yang bisa dipilih untuk mendukung pertualangan orang berduit adalah Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports.

PT Astra Honda Motor (AHM) di Jakarta pada Selasa (4/2) merilis sepeda motor tersebut sebagai model terbaru bagi pencinta sepeda motor adventure tourer yang mendambakan ketangguhan untuk menjelajah jarak jauh. President Director PT AHM, Toshiyuki Inuma, mengatakan kehadiran Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports merupakan jawaban bagi petualang sejati yang gemar berkendara jarak jauh dengan melintasi kondisi jalan yang beragam.

“Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir untuk memberikan pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan dalam menaklukkan tantangan di berbagai medan dengan daya jelajah yang jauh,” ujar Inuma.

Mesinnya telah diperbarui dengan kapasitas 1.084 cc empat langkah tipe SOHC dengan konfigurasi parallel twin cylinder berpendingin cairan. Tenaganya maksimal mencapai 75 kW pada putaran 7500 rpm dan torsi puncak 105 Nm pada putaran 6000 rpm. Karakter sepeda motor ini memiliki tenaga yang kuat di semua putaran mesin.

Dengan bobot sepeda motor yang kini lebih ringan 5 kg dari model sebelumnya. Perubahan bobot membuatnya semakin lincah dalam bertualang di medan on road maupun off road.  Di samping bertenaga, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports menawarkan fitur yang lengkap dan canggih di kelasnya, sepeti sensor Inertial Measurement Unit (IMU).

Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan dapat terhubung pada fitur lain seperti ECU dan ABS sehingga sepeda motor dapat menyesuaikan kondisi medan yang dilalui. Motor adventure tourer ini juga telah dilengkapi pengaplikasian 4+2 riding mode yaitu mode tour, urban, gravel, dan off road. Pengendara dapat memilih mode yang sesuai dengan kondisi jalanan yang dilalui.

Untuk dua riding mode tambahan merupakan pilihan mode yang dapat diatur sendiri oleh pengendara dalam menyesuaikan kebutuhannya dalam berkendara. Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir bagi pencinta motor adventure kelas atas yang menginginkan sepeda motor adventure yang tangguh, canggih dan dapat menjelajah dengan jarak yang jauh.

“11 Honda Big Wing kami pun siap memberikan layanan premium,” ujar dia. Fitur-fitur canggih lainnya adalah full digital panel meter yang merupakan layar sentuh TFT dengan besar 6,5 inch menampilkan informasi yang lengkap seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri oleh pengendara.

Selain itu, fitur ini juga didukung oleh Apple Car Play dan koneksi bluetooth. Motor ini dilengkapi dengan ”G switch” untuk fluktuasi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off road. Sementara fitur cornering detect berfungsi menghasilkan perpindahan gigi lebih natural saat melewati belokan.

Sensor IMU yang berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan terkoneksi dengan ECU dan ABS memberikan kenyaman dan keamanan bagi pengendara. Fitur cornering ABS berfungsi mencegah ban terkunci saat pengereman saat berbelok.

Sedangkan rear lift control berfungsi mencegah ban belakang terangkat karena pengereman yang berlebih, fitur cornering light akan menyalakan lampu tambahan untuk membantu penerangan jalan sesuai dengan posisi kemiringan motor, dan wheelie control untuk mencegah ban depan terangkat akibat hentakan tenaga yang berlebih.

AHM memasarkan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan warna Tricolor, kombinasi merah, putih, dan biru. Untuk tipe manual dipasarkan dengan harga 559,9 juta rupiah dan tipe DCT dibanderol 599,900 juta rupiah. hay/S-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment