Koran Jakarta | November 12 2019
No Comments
Penghargaan Tokoh

Monumen BJ Habibie Ramai Dikunjungi Masyarakat

Monumen BJ Habibie Ramai Dikunjungi Masyarakat

Foto : ISTIMEWA
PATUNG HABIBIE - Monumen berupa patung BJ Habibie yang memegang pesawat diresmikan 2018 oleh Pemprov Gorontalo. Ketika Habibie Wafat, Rabu (11/9), kini masyarakat ramai mendatangi monumen tersebut.
A   A   A   Pengaturan Font

Gorontalo – Monumen Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie di Isimu, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, ramai dikunjungi warga setempat untuk mengabadikan momen bersama pasangan, keluarga atau teman saat sore menjelang malam hari, Jumat (13/9).

Salah seorang pengunjung, Sri Rafika mengaku kagum pada sosok Habibie yang merupakan cendekiawan hebat yang dimiliki Indonesia. ”Alasan tersebut yang membuat saya bersama suami sangat senang dapat mengabadikan momen di monumen BJ Habibie ini,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa BJ Habibie sangat berjasa bagi Indonesia dan patut untuk menjadi teladan bangsa.Ia juga mengaku merasa terinspirasi pada Habibie seperti banyak warga Indonesia lainnya yang sangat bangga pada sosok genius beretnis Gorontalo- Jawa tersebut. Pengunjung lainnya, Indah Kau, juga merasa kagum pada BJ Habibie dan mengaku baru pertama kali mengunjungi monumen tersebut.

”Sebelumnya saya sudah pernah dengar dari teman-teman tentang telah dibangunnya monumen BJ Habibie di Gorontalo yang lokasinya tidak jauh dari tempat saya tinggal,” ujar Indah. Dirinya bersama temantemannya akhirnya bisa berkunjung langsung dan melihat betapa megahnya monumen yang terbuat dari perunggu itu. ”Kecerdasan dan kemampuan BJ Habibie sangat membuat saya terdorong untuk terus giat belajar agar bisa menimba ilmu hingga keluar negeri,” katanya.

Monumen yang dibagun Pemprov Gorontalo 2018 ini berbentuk patung BJ Habibie tinggi 7 meter dan lebar 3 meter, yang lengkap dengan pesawat di tangannya mengarah ke jalur lepas landas Bandara Djalaludin, seolah-olah siap diluncurkan. Pembangunan monumen ini menjadi bentuk apresiasi tertinggi masyarakat Gorontalo di bidang Kedirgantaraan kepada salah satu putra terbaik bangsa yang berasal dari Gorontalo.

Dalam catatan sejarah, B.J. Habibie merupakan etnis Gorontalo pertama yang pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Kini, Ruas jalan Gorontalo Outering Ring Road (GORR) menjadi salah satu lokasi yang ramai dikunjungi masyarakat dengan adanya Monumen BJ Habibie disana.

“Awal pembuatan patung ini didasari pada diskusi kami dengan pak BJ Habibie. Banyak yang bertanya-tanya kalau beliau orang mana? beliau jawab saya orang Gorontalo yang lahir di Pare-Pare,” tutur Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie. 

 

fdl/Ant/AR-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment