Koran Jakarta | April 21 2019
No Comments

Mobilitas Masa Depan dengan Pesawat Jet

Mobilitas Masa Depan dengan Pesawat Jet

Foto : Istimewa
HondaJet Elite
A   A   A   Pengaturan Font

Tidak hanya sebagai produsen motor dan mobil, Honda juga memiliki devisi Honda Aircraft Company (HAC) yang memproduksi pesawat kecil untuk segmen bisnis. Yang terbaru Honda memiliki pesawat seri HondaJet Elite yang telah mendapatkan sertifikasi dari Japan Civil Aviation Bureau (JCAB).

Pada 7 Desember lalu HAC melakukan pengiriman pesawat HondaJet Elite kepada konsumen pertama di Jepang setelah memulai pemasaran pada Juni 2018. Sejak memperluas wilayah jangkauannya, Honda telah menerima lebih dari sepuluh pesanan pesawat.

Presiden dan CEO Honda Aircraft Company, Michimasa Fujino mengatakan, “HondaJet Elite, yang diharapkan dapat membuat bisnis penerbangan semakin populer sehingga masyarakat terbiasa menggunakan pesawat jet baik untuk keperluan professional maupun pribadi,” ujar Fujino.

Sementara itu, Kotaro Chiba, konsumen pertama HondaJet Elite di Jepang mengatakan, “Saya berterima kasih kepada Fujino dan timnya yang telah menciptakan HondaJet Elite. Saya telah beberapa kali menggunakan pesawat ini dan kualitas kekedapan, tenaga, kelembutan, keamanan dan stabilitasnya sudah teruji,” ujar dia.

Chiba menilai, kelak saat transportasi dengan jet ringan sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat Jepang, maka akan memudahkan penumpang menjangkau berbagai daerah, dan keberadaanya pesawat Honda akan menjadi revolusi dalam mobilitas melalui udara.

HondaJet Elite menjadi pesawat jet tercepat dengan jarak tempuh terjauh dan mampu meraih ketinggian udara tertinggi di kelasnya. Pesawat ini dilengkapi dengan teknologi seperti Over- The-Wing Engine Mount (OTWEM).

Hidung dan sayap pesawat dengan desain Natural Laminar Flow (NLF) berbahan komposit menciprakan efisiensi bahan bakar. Sebagai penyempurnaan dari teknologi sebelumnya, HondaJet Elite memilikiefisien bahan bakar lebih baik serta kabin terbesar di kelasnya.

Selain mendapatkan sertifikat JCAB, HondaJet Elite juga telah memperoleh sertifikat dari Amerika (Federal Aviation Administration), Eropa (European Aviation Safety Agency) dan India (Directorate General of Civil Aviaton). hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment