Koran Jakarta | December 16 2018
No Comments

Mobil Tangguh Kaya Fitur Terbaru

Mobil Tangguh Kaya Fitur Terbaru

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Mobil kuat dan kekar menjadi salah satu dambaan penyuka off road. Dengan mesin baru yang kuat dan banyak fitur lengkap, menjadikan mobil off road tangguh semakin diburu.

Di bawah agen pemegang merek (APM) PT Hascar International Motor yang menggantikan Garansindo, All-New Jeep Wrangler meluncur ke pasar Indonesia. Namun sayangnya, dari 30 unit yang dipasarkan tahap awal, semuanya telah ludes terjual.

Sehingga konsumen lain yang berminat, harus sabar menunggu. CEO Hascar, Ari Utama mengatakan, Hascar sebenarnya menyediakan 70 unit, namun karena pesananan mobil versi setir kiri cukup tinggi, mobil setir kanan mengalami pembatasan. “Awalnya kita mengajukan 70 unit untuk per-bulan ini.

Namun karena setir kirinya booming jadi setir kanan ditunda produksinya,” ujar Ari di Jakarta. Mobil kekar ini ditawarkan dengan tiga varian yakni Rubicon, Sahara, dan Sport. Untuk varian Rubicon, terbagi menjadi dua tipe yaitu 2-door yang dijual seharga 1,499 miliar rupiah (off the road), dan 4-door 1,599 miliar rupiah. Sementara varian Sahara dibanderol 1,499 miliar rupiah, dan versi sport dua pintu dihargai 1,199 miliar rupiah dan versi empat pintu dijual pada harga 1,399 miliar rupiah.

Harga Jeep Wrangler generasi keempat ini cukup melonjak dibandingkan dengan generasi keempat sebelumnya. Padahal harga model lama dibanderol cukup terjangkau yaitu pada rentang harga 800 juta hingga 1,1 miliar rupiah. Harga melonjak karena Wrangler generasi keempat dilengkapi dengan banyak fitur terbaru.

Selain itu dari sisi bahan bahan interior telah menggunakan logam premium, dari sebelumnya didominasi bahan plastik. All New Wrangder tetap memiliki kekuatan offroad yang tangguh berkat fitur Rock-Trac dengan rasio “4L” 4:1 dan Tru-Lok yang mengunci standar diferensial (Rubicon).

Skid plat di bagian bawah mobil serta sepasang pengait depan dan belakang. Kemampuan 4X4 didikung dengan pelek 17 inci dengan standar ban 33 inci, kemampuan terabas air hingga 70 cm dan bisa menarik beban hingga 1,6 ton. “Sebagai bentuk penghormatan pada lintas generasi, mobil ini dilengkapi eksterior yang tebal dan gagah, lebar, beltline body yang lebih rendah dengan bentuk jendela lebar guna visibilitas yang lebih baik, terutama saat berkendara di jalur alam terbuka,” tambah Ari.

Meski sekilas tidak mangalami perbedaan mencolok dari pendahulunya, namun dari sisi desain Wrangler terdapat beberapa perubahan serta penambahan. Tim desain Jeep menempatkan grille 7-slot legendaris dengan tampilan terbaru, menonjolkan dua bilah grille luar yang bersinggungan dengan lampu depan yang terinspirasi Jeep CJ. Pada depan kanan dan kiri terpasang lampu LED dan foglamp, dengan pencahayaan putih bersih.

Terdapat juga lampu DRL juga membentuk lingkaran cahaya serta lampu sein LED yang ditempatkan pada fender flare trapesium di depan. Kini, pintunya menggunakan bahan aluminium terbaru yang ringan namun kuat. Wrangler juga menampilkan roll bar kabin sewarna body yang dilas ke lantai serta grab handle terintegrasi. Ada juga sunrider soft top premium terbaru memberikan kebebasan untuk membuka dan tutup, sekaligus untuk mengurangi kebisingan angin dan memudahkan akses untuk membuka atap secara sebagian atau penuh.

Sebagai mobil dengan karakter off road, mobil dibekali dengan mesin I-4 turbocharged 2.0-liter empat silinder segaris berteknologi e-Torque yang menghasilkan tenaga 270 tenaga kuda dan dan torsi 400 Nm. Tenaga disalurkan ke transmis otomatis 8 percepatan terbaru. Mesin disebut degan turbocharged, disebutkan memiliki output torsi melampaui mesin V-6 generasi Wrangler sebelumnya.

Fitur keselamatannya berupa ABS, EBD, ESC (Electronic Stability Control) dan ERM (Electronic Roll Mitigation). Dari sisi fitur hiburan terdapat berbagai fitur terkini antara lain Apple CarPlay, Android Auto. Sedangkan dari sisi keamanan terdapat kamera pantau, serta kontrol stabilitas elektronik (ESC) dengan electronic roll mitigation (ERM). Bagi konsumen yang tidak kebagian unit di batch pertama, pada 2019 Hascar akan kembali mendatangkan All New Jeep Wrangler batch kedua.

Bila pada kelompok pertama di dominasi oleh Wrangler Rubicon, tahun depan pihaknya juga akan membuat tipe lain seperti Wrangler Sahara dan Sport. Konsumen diharapkan bersabar karena saat ini sudah daftar pemesanannya sudah cukup panjang. “Untuk produksi 2019 di Januari juga sudah panjang indennya.

Kalau pesan sekarang produksinya pada 2019, dan kami erkirakan sampai ke tangan konsumen pada April,” ungkap Ari. Sebagai APM baru Hascar berjanji akan memberikan layanan purna jual lebih baik kepada konsumen.

Hal ini karena salah satu kekurangan dari layaanan Jeep sebelumnya adalah pada layanan purna jual yang kurang memuaskan. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment