Koran Jakarta | September 20 2018
No Comments

Mobil Listrik Mungil Siap Dipasarkan

Mobil Listrik Mungil Siap Dipasarkan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Tidak hanya memproduksi mobil dengan mesin konvensional, Wuling Motors juga memproduksi mobil listrik kecil yaitu Wuling E100. Bahkan mobil sejak dikenalkan pada Februari 2018 mobil ini telah terjual sebanyak 11.000 unit di pasar negeri Tirau Bambu. Di Indonesia, Wuling E100 telah tampil pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Tentu saja mobil ini hanya buat pajangan saja, untuk melihat respons pasar Indonesia terhadap mobil yang masih menggunakan kemudi kiri ini. Menurut VSSM Vice President Wuling Motors, Cindy Cai, Wuling E100 masih didatangkan secara utuh dari China.

Kehadiran E100 kata dia untuk membuktikan bahwa Wuling serius menggarap pasar Indonesia tidak hanya mesin bakar namun juga tenaga listrik. “Wuling E100 kami hadirkan sebagai bukti kami mampu memproduksi mobil listrik,” ujar Cindy. Wuling E100 cocok dipakai untuk menjelajah dan bermanufer di medan perkotaan yang padat, macet, dan kadang sempit.

Dimensi Wuling E100 yang ramping membuatnya hanya mampu menampung dua tempat duduk seperti halnya Smart for Two mobil besutan Mercedes-Benz. Penggeraknya berupa motor tunggal dengan tenaga 39 tenaga kuda, dan torsi 110 Nm. Sumber tenaga motor tunggal berasal dari baterai lithium-ion 220 volt yang bisa diisi ulang secara penuh dalam waktu 7,5 jam.

Tenaga dari motor listrik disalurkan ke transmisi otomatis. Dengan spesifikasi tersebut Wuling E100 sanggup digeber hingga kecepatan 100 km per jam, dengan jangkauan jarak sejauh 155 km. Sebagai mobil baru, Wuling tampaknya cukup serius.

Ini dibuktikan dengan kelengkapan pada fitur kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpangnya. Pada bagian suspensinya menggunakan jenis independen untuk bagian depan dan suspense lengan tunggal (single-arm)untuk belakang. Untuk kemudahan pengemudi Wuling E100 ini juga sudah dilengkapi dengan electric power steering.

Fitur keamanannya berupa rem ABS, electronic brakeforce distribution (EBD), electronic parking brake, dan sensor parkir. Fitur Keamanan lainnya, peringatan terhadap pejalan kaki dan kunci ISOFIX sebagai pengaman penumpang anak. Salah satu kendala kehadiran mobil listrik semacam E100 di pasar Indonesia adalah regulasi yang belum jelas.

Jika aturan pemerintah terkait dengan mobil listrik sudah resmi keluar, Wuling berjanji akan membawa mobil ini ke pasar Indonesia. “Kami selalu melihat dan menindaklajuti segala isu serta perkembangan mobil listrik di Indonesia. Saatnya siap, kami akan menghadirkan di pasar Indonesia,” ujar Cindy. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment