Koran Jakarta | June 27 2019
No Comments
PASAR MOBIL 2019

Mobil Keluarga Multifungsi Tetap Favorit

Mobil Keluarga Multifungsi Tetap Favorit

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Varian-varian baru mobil keluarga multifungsi  (multi purpose vehicle/MPV) akan  meramaikan pilihan mobil pada 2019.

Tahun 2019 akan diwarnai dengan hadirnya mobil baru di pasar Indonesia. Beberapa APM telah mengumumkan rencana mereka untuk menghadirkan mobil baru. Beberapa merek yang diperkirakan akan menghadirkan mobil baru diantaranya Wuling, DSFK, Honda, Mobilio, Nissan, dan lainnya. Wuling, misalnya, bakal meluncurkan Wuling SUV yang telah tampil pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. MPV baru pabrikan Tiongkok ini akan hadir dengan dengan nama Wuling Almaz.

Nama ini seperti tertera pada website Samsat DKI mobil ini dijanjikan akan meluncur pada semester pertama 2019. Selain meluncurkan mobil baru, Wuling akan melengkapi variand ari Confero dan Cortez. Confer akan dilengkapi dengana varian mesin 1,2 liter. Sedangkan Cortez akan memiliki varian mesin Turbo dengan kapasitas mesin 1,5 liter.

Masih terkait dengan merek Tiongok, kabarnya DFSK bakal meluncurkan Low SUV, sebuah model yang lebih rendah dari Glory 580 yang meluncur pada Juli 2018. PT PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia, memastikan akan meluncurkan model mobil ketiganya untuk pasar Indonesia dengan tipe medium sport utility vehicle (SUV) pada kuartal pertama 2019. Direktur Pelaksana PT Sokonindo Automobile Franz Wang, beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya sedang menyiapkan model SUV baru untuk pasar Indonesia.

“Kami sedang matangkan, rencananya akan kami luncurkan di kuartal pertama 2019,” ujar dia. Di China, Sokon yang menjadi induk DFSK sejuah ini dikenal sebagai produsen kendaraan khusus SUV. Selain memiliki Glory 580 yang produknya sudah dijual di Indonesia, Sokon juga masih memiliki sekitar 7 model SUV lainnya, seperti AX3, AX7, Joyear X3, Joyear X5, Joyear XV, hingga MX6 serta model crossover H30 Cross.

Sementara, kerja sama Nissan Renault dan Mitsubishi memungkinkan semua mendapatkan platformdari sebuah mobil. Melihat animo yang besar pada Xpander di Indonesia, Nissan sepertinya akan mengembangkan platform Xpander menjadi sebuah mobil dengan merek sendiri. Menurut Asia Nikke, Nissan yang memiliki saham sebesar 34 persen pada Mitsubishi akan diberi platform XPander dan mulai dilakukan produksi pada 2019. Mobil ini akan dijual dalam model berbeda dengan merek Nissan tentu saja.

Akankah mobil Nissan dengan platform Xpander akan menggusur Grand Livina? Jawa-bannya ditunggu saja. Duet maut Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terus berusaha menjadi pemuncak di segmen Low MPV. Kedua merek ini pada 2019 akan meluncurkan mayor facelift dari generasi ketiga yang dipasarkan saat ini.

Melihat persaingan yang sangat berat dengan Xpander, wajah Avanza Xenia dikabarkan bakal mengalami perubahan cukup siginifikan, agar daya saingnya meningkat. Avanza sebenarnya tidak kalah telak karena masih sempat berada di puncak pada November 2019. Performa Sedan Untuk segmen sedan, Toyota Camry bakal mengalami pembaruan. Di negera tetangga Thailand dan Malaysia, Toyota sudah memasarrkan Camry baru, sehingga di Indonesia tinggal menunggu peluncuran Camry pada 2019 ini.

Untuk pasar Indonesia kemungkinan mengikuti jejak Malaysia, dengan mesin 2ARFE 2,5 liter Dual VVT-i. Tenaganya 184 PS dan torsi 235 Nm disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed. Soal platform, Camry baru memakai rangka TNGA-K. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment