Mobil Ikonik Bertenaga Super | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 7 2020
No Comments
Kendaraan Kompak

Mobil Ikonik Bertenaga Super

Mobil Ikonik Bertenaga Super

Foto : ANTARA/Puspa Perwita sari
A   A   A   Pengaturan Font

Mini Cooper hadir dengan dua varian baru yang tetap nyaman digunakan untuk keseharian. Varian ini dibekali dengan kekuatan 306 tenaga kuda dan akselerasi yang fantastis.

Di pasar Tanah Air, MINI meluncurkan dua kendaraan terbaru yaitu new Mini John Cooper Works Clubman dan new Mini John Cooper Works Countryman. Hal yang menarik dari dua kendaraan ini adalah bertambahnya tenaga yang dimiliki kedua varian tersebut.

Mini membekali dua mobil tersebut dengan mesin yang memiliki tenaga 306 tenaga kuda, alias performanya meningkat sebesar 32 persen dengan torsi bertambah 29 persen menjadi 450 Nm.

Akselerasinya turut meningkat, untuk mencapai kecepatan 100 km per jam hanya memerlukan waktu 4,9 detik dari sebelumnya 5 detik. “Dengan peluncuran kedua varian ini, MINI buktikan bahwa kendaraan sport kompak premium tetap nyaman untuk digunakan sehari-hari, bahkan di jalan berbatu dengan kemampuan sistem penggerak semua roda ALL4 sebagai standar,” ujar Kepala Mini Asia, Kidd Yam, di Jakarta, Jumat (14/2).

Kidd Yam mengatakan dua kendaraan ini hadir dengan mesin paling kuat dalam sejarah Mini. Performa dioptimalkan sehingga kedua model ini merupakan kendaraan Mini paling cepat yang diperbolehkan secara legal di jalan raya.

“New MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman telah mantapkan reputasi mereka sebagai pemimpin dalam segmen kendaraan sports kompak premium,” imbuh dia.

Jika merunut dalam sejarahnya, MINI bukan hanya menawarkan desain yang unik, namun juga mampu berpretasi di arena balap. “Hadirnya new MINI John Cooper Works dengan 306 HP hadir untuk penuhi kebutuhan para penggemar Mini akan sebuah kendaraan sports kompak premium yang sesuai untuk lintasan balap, juga tetap dapat mengakomodasi aktivitas harian,” kata Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan.

Rangkaian kendaraan new MINI John Cooper Works ini tampil berbeda berkat mesin paling kuat yang pernah dipasang dalam sebuah MINI. Dengan hadirnya kedua kendaraan sports ini, MINI Indonesia telah luncurkan semua rangkaian model John Cooper Works di Indonesia, pastinya berikan pilihan yang lebih luas bagi para pelanggan di Indonesia.

Enam Pintu Yang unik dari new MINI John Cooper Works Clubman dibandingkan dengan new MINI John Cooper Works Countryman adalah pada pintu belakang. Countryman menggunakan pintu belakang dengan kaca utuh dengan engsel di atas, sementara Clubman memiliki pintu terbelah (split door) dengan engsel di kanan dan kiri.

Pintu belakang split yang ikonik bertujuan agar benda-benda yang lebih besar dapat keluar masuk dengan mudah. Pintu belakang dua pintu, yang terdiri dari dua sayap yang terbuka secara lateral, menjadikan Clubman satusatunya model di segmen kendaraan kompak premium yang tawarkan enam pintu, bersama dengan versatilitas tinggi kompartemen bagasi dapat diperluas dari 360 liter hingga maksimum 1.250 liter.

New Mini Clubman mempertahankan desain berkelas, sensasi berkendara go-kart, dan karakter unik, dengan kombinasikan antara kepraktisan dan fungsionalitas tingkat tinggi.

“Dengan peluncuran new Mini Clubman, kami percaya bahwa MINI, sekali lagi, akan menikmati tahun penuh kesuksesan di Indonesia,” ujar Ramesh. Pada bagian samping Clubman memiliki empat pintu samping dan lima bangku termasuk kompartemen bagasi serbaguna.

Dengan lima pintu penumpang dapat nikmati fungsionalitas tingkat tinggi serta penggunaan ruang dengan cara kreatif yang merupakan ciri khas kendaraan MINI. Sesuai dengan namanya, Clubman menawarkan desain bodi yang ekspresif dan maskulin, berupa kap yang berbentuk kubah dan lampu depan bundar dengan surround chrome (Piano Black untuk Cooper S) di bagian depan, serta garis atap yang memanjang secara dinamis dan bagian belakang yang proporsional. Fitur desain new Clubman yang paling mencolok adalah grille radiator yang sekarang memanjang di seluruh bagian bumper.

Kontur yang kuat dan struktur baru untuk air inlet memberikan bagian depan tampilan yang khas. Grille radiator dibatasi oleh bingkai ramping, sementara air inlet dipisahkan menjadi enam penyangga (strut) horizontal berwarna hitam, yang secara opsional dapat ditingkatkan ke versi chrome. Pada MINI Cooper S Clubman, fitur khusus di bagian depan adalah pola kisi heksagonal, strut krom individual di air inlet, serta emblem “S” berwarna merah.  hay/S-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment