Koran Jakarta | August 23 2019
No Comments

Misi Barca Kuasai Eropa

Misi Barca Kuasai Eropa

Foto : AFP/CHARLY TRIBALLEAU
A   A   A   Pengaturan Font

Selain merebut hattrick gelar domestik, Barcelona mengincar gelar Eropa setelah gagal total musim lalu.

BARCELONA – Barce­lona telah meraih dua gelar domestik dalam dua musim terakh­ir. Kehadiran Antoine Griezmann di lini depan mereka yang sudah tangguh akan membuat klub Cat­alan itu kembali menjadi favorit un­tuk meraih mahkota La Liga ketiga ber­turut-turut musim ini.

Barca tidak hanya akan berupaya untuk memperpanjang hege­moni mereka di kom­petisi domestik. Usai menghabiskan 250 juta euro pada bursa transfer musim panas ini, Barca tentu ingin memenangkan Liga Champions setelah musim lalu disingkirkan Liverpool di semi­final.

Setelah menyelesaikan mu­sim lalu dengan unggul 11 poin dari Atletico Madrid untuk memenangkan gelar La Liga kedelapan dalam 11 tahun, Bar­ca mengeluarkan 120 juta euro untuk merekrut Griezmann. Pe­main asal Prancis itu merupakan pencetak gol terbanyak klub pe­saing terdekat mereka pada mas­ing-masing dalam lima musim terakhir.

Mereka melakukannya bah­kan setelah Griezmann se­cara terbuka menolak tawaran untuk bergabung dengan Barca pada tahun sebelumnya. Hal itu menunjuk­kan begitu kuat­nya keinginan klub Catalan itu mempe rkuat lini serang mee­ka yang sudah diisi oleh Lionel Messi dan Luis Suarez.

Griezmann akan menjamin timnya mencetak lebih banyak gol. Selain itu kreativitas, kecer­dasan, dan tingkat kerjanya bisa terbukti lebih bermanfaat, teru­tama di Liga Champions, kompetisi yang gagal dimenangkan Bar­ca sejak 2015.

“Kami sangat senang dengan apa yang tel­ah dia berikan kepada kami sejauh ini, ger­akannya men­awarkan banyak hal kepada kami dan dia bekerja sangat keras di lini pertahanan,” ujar pelatih Barca, Er­nesto Valverde tentang Griezmann setelah ke­menangan 4-0 atas Na­poli.

“Fakta bahwa dia dapat bermain se­bagai penyerang ten­gah atau sayap adalah keuntungan bagi kami. Dia bisa bermain dari dalam tetapi dia selalu suka ma­suk ke dalam kotak pen­alti dan itu membuat­nya mencetak banyak gol. Dia jenis pemain yang berbeda dengan yang pernah kami miliki sebelumnya,” sambung­nya.

Barca masih bisa menambahkan kekua­tan lebih lanjut di lini serang mereka dengan merekrut kembali Neymar dari Paris St Germain, meski­pun mendatang­kan kembali pe­main asal Brasil itu akan semakin menekan keuan­gan klub dan memaksa mereka untuk menjual lebih banyak pe­main.

Kuatnya lini serang Barca dikhawatirkan membuat terjad­inya ketidakseimbangan di lini tengah. Tapi kehadiran Frenkie de Jong, jangkar lini tengah beru­sia 22 tahun yang dengan cerdik mereka rekrut dari Ajax Amster­dam dengan harga 75 juta euro, membuat hal itu tidak terjadi.

Sementara bek kiri Junior Fir­po juga akan memberikan Barca ketenangan melakoni beberapa kompetisi. Dia akan menjadi pel­apis yang dibutuhkan bagi Jordi Alba.

Setelah merebut gelar pada bulan April, musim luar biasa Barca ternoda oleh kekala­han mengejutkan 0-4 dari Liverpool. Hasil tersebut membuat mereka tidak mendapat tempat di final Liga Champions. Barca kemudian juga kalah 1-2 dari Valencia di final Copa del Rey.

Mereka akan mengawali mu­sim baru La Liga tanpa kapten dan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Messi. Pemain asal Argentina itu mengalami cedera otot dan akan absen ke­tika Barca memulai upaya mem­pertahankan gelar dengan laga tandang melawan Athletic Bilbao pada hari Jumat.

Neto Cedera

Sementara itu, kiper cadan­gan Barcelona Neto akan menjal­ani operasi setelah cedera perge­langan tangan kirinya. Demikian diumumkan klub itu, Senin.

Neto menderita cedera dalam latihan dan tidak mungkin fit un­tuk pertandingan pembukaan La Liga kontra Bilbao. “Kiper Neto akan menjalani operasi pada Selasa karena mengalami patah tulang skafoid di tangan kirinya dalam latihan saat tur AS,” de­mikian pernyataan klub.

Neto bergabung dengan Bar­celona pada bursa transfer mu­sim panas ini dari Valencia. Kiper Jasper Cillessen meninggalkan Camp Nou dan bergerak ke arah sebaliknya. ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment